Artikel Teknologi Informasi Mengenai SSD

Artikel Teknologi Informasi berikut ini akan mengulas mengenai PCIe SSD dan perkembangan SSD dari awal hingga yang terkini. Merasa asing dengan nama teknologi tersebut? Padahal bisa jadi laptop canggih Anda sudah menggunakan benda ini lho.

Teknologi PCIe SSD adalah inkarnasi terkini dari revolusi solid-state drive (SSD). SSD sendiri adalah suatu perangkat penyimpanan data menggunakan rangkaian terpadu yang dirakit sebagai memori untuk menyimpan data. Teknologi SSD ini menggunakan antarmuka elektronik yang kompatibel dengan blok I/O (input/output) pada suatu drive hard disk tradisional.

PCIe adalah kepanjangan dari Peripheral Component Interconnect Express, teknologi ini memiliki kecepatan tinggi yang dirancang untuk menggantikan standar bus PCI dan PCI-X yang merupakan teknologi lebih lama. Dibandingkan dengan teknologi sebelumnya PCIe memiliki banyak perbaikan, di antaranya adalah batas maksimum throughput bus sistem yang lebih tinggi, jumlah pin I/O yang lebih rendah dan fisik yang lebih kecil, serta kinerja peranti busnya pun lebih baik.

Deteksi kesalahan dan mekanisme pelaporan dari kesalahan PCIe pun lebih rinci, atau memiliki fitur Advanded Error Reporting (AER). Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kelebihan dari PCIe SSD dalam artikel teknologi informasi ini, mari kita lihat perjalanan dari teknologi SSD yang ada.

SSD Awal Menggunakan Ram dan Teknologi Serupa

  • 1950 – SSD awal memiliki dua teknologi yang serupa, yaitu memori dengan inti magnetik dan card capacitor read-only store (CCROS). Unit memori tambahan ini muncul pada masa komputer tabung vakum. Tetapi penggunaan unit ini terhenti seiring dengan diperkenalkannya unit penyimpan drum yang lebih murah
  • 1970 & 1980- SSD diimplementasikan pada memori semikonduktor pada superkomputer IBM, Amdahl dan Cray versi awal. Namun demikian dikarenakan harga yang tinggi dari SSD yang dibuat berdasarkan pesanan, maka teknologi ini jarang digunakan. Pada akhir
  • 1970an, General Instruments memproduksi EAROM (electrically alterable ROM) yang cara kerjanya mirip dengan memori NAND flash. Sayangnya umur teknologi ini tidak sampai 10 tahun dan banyak perusahaan mengabaikan teknologi tersebut.
  • 1976 – Dataram mulai menjual produk yang disebut Bulk Core yang menawarkan media penyimpan solid state hingga 2 MB. Teknologi ini kompatibel dengan komputer DEC (Digital Equipment Corporation) dan DG (Data General).
  • 1978 – Texas Memory Systems memperkenalkan drive solid-state RAM 16 KB untuk digunakan oleh perusahaan minyak sebagai akuisisi data seismik. Para tahun-tahun berikutnya Storage Tek mengembangkan drive solid-state RAM pertama.
  • 1983 – Sharp PC-5000 diperkenalkan dengan menggunakan kartrid penyimpan solid-state 128 KB yang berisi bubble memory.

3 days ago – get prednisone 10 mg tablet appearance, purchase prednisone canada — payments online can get call them all of online drugstore 24 reviews.

  • 1984 – Tallgrass Technologies Corporation memiliki unit cadangan pita (tape back up unit) 40 MB dengan unit solid state 20 MB.
  • generic zoloft cost rite aid . depression: buy zoloft at health-coverage.biz. zoloft used for treating depression or obsessive-compulsive dorder (ocd). pure  find where to buy baclofen dapoxetine buy blog dapoxetine janssen cilag order dapoxetine pills online – where to purchase your baclofen medication – best on-line stores – trustworthy and reliable websites.

  • 1986 – Santa Clara Systems memperkenalkan BatRAM suatu sistem penyimpan masal 4 MB yang dapat diperbesar hingga 20 MB menggunakan modul memori 4 MB. Paket ini termasuk baterai yang dapat dicatu untuk memberi daya pada konten sirkuit memori ketika array tidak dinyalakan
  • 1987 – EMC Corporation masuk ke pasar SSD, dengan drive yang diperkenalkan untuk pasar komputer-mini. Namun demikian pada tahun 1993, EMC keluar dari pasar SSD.
  • generic name : generic amoxil , average delivery: 10 days generic amoxil is used to treat many different types of bacterial infections, such as tonsillitis, 

SSD Berbasis Flash

  • 1994 – STEC, Inc. membeli membeli operasi pengendali flash Cirrus Logic, sehingga perusahaan ini dapat masuk ke bisnis memori flash untuk peranti elektronik consumer.
  • 1995 – M-Systems memperkenalkan drive solid-state berbasis flash. Kelebihan dari teknologi ini adalah tidak membutuhkan baterai untuk mengelola data pada memori (baterai ini diperlukan oleh sistem memori volatile sebelumnya), tetapi teknologi ini tidak secepat teknologi berbasis DRAM. Sejak itu SSD sukses digunakan sebagai pengganti drive Hard disk oleh industri militer dan dirgantara.
  • 1999 – BiTMICRO membuat sejumlah pengenalan dan pengumuman mengenai SSD berbasis flash, termasuk SSD 18 GB berukuran 3,5 inci.
  • 2007 – Fusion-io mengumumkan SSD berbasis PCI-e dengan kinerja kartu tunggal sebesar 100 ribu IOPS (input/output operations per second) atau memiliki kemampuan operasi 100 ribu input/output per detik. Kapasitas dari PCI-e SSD ini hingga 320 GB. Pada Cebit
  • 2009,  OCZ Technology mendemonstrasikan suatu SSD flash 1 TB menggunakan antarmuka  PCIe x8. Teknologi ini mencapai kecepatan tulis maksimum sebesar 654 <B dan kecepatan baca maksimum sebesar 712 MB.
  • Pada Desember 2009, Micron Technology mengumumkan SSD pertama dunia yang menggunakan antar muka SATA 6 GB per detik.
  • 2012 – Virident Systems mengeluarkan generasi kedua SSD berbasis flash mereka, yaitu FlashMAXII.  Produk tersebut mengemas kapasitas penyimpan industri tertinggi pada peranti berukuran kecil, sehingga dapat masuk dalam berbagai kartu server dengan penyimpanan hingga 2,2 TB. Kendati berukuran kecil, kartu ini memiliki kemampuan baca 2,7 GB per detik dan kinerja 1,5 juta IOPS dalam satu kartu tunggal.

Kelebihan dari PCIe SSD ketimbang hard disk konvensional terletak pada kecepatan, fragmentasi, daya tahan dan ukuran fisik. Ya, PCIe SSD dapat memiliki ukuran jauh lebih kecil dari hard disk konvensional. Hal ini karena pada hard disk konvensional memiliki piringan yang berputar, sehingga ukuran minimalnya pun terbatas.

Semoga Anda dapat mengenal teknologi SSD lebih jelas dari uraian ini. Jika ingin mengetahui secara lebih mendalam, banyak-banyaklah membaca artikel teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *