Tip-tip Membuat Kliping tentang Olah Raga

Kliping tentang olah raga menjadi tugas rutin anak-anak sekolah. Ketika mendapatkan tugas tersebut siswa-siswa dengan suka cita sibuk mencari koran-koran bekas dari berbagai harian.  Setelah mendapatkan banyak artikel di surat kabar, maka mulailah proses menggunting dan menempelkan pada lembar kertas HVS.

Biasanya tugas menyusun kliping ini kerap dilakukan ketika bulan Ramadhan, di mana guru olahraga mengurangi intensitas aktivitas fisik di luar ruangan. Gantinya praktik olahraga, siswa disuruh membuat kliping tentang olahraga.

Kliping tentang Olah Raga Bagian dari Pelajaran Teori Walaupun secara langsung  tugas pembuatan kliping tak berpengaruh pada kebugaran fisik, tetapi tugas ini mampu menumbuhkan minat siswa terhadap  cabang olahraga tertentu.

Olahraga itu tak hanya dipraktikkan, tetapi juga didiskusikan, dipelajari dan dianalisa, dalam kesempatan formal seperti di sekolah. Bukankah sebelum mempraktikkan sebuah cabang olahraga kita harus mempelajari dulu teorinya bukan? Belajar teori tak hanya dari buku tutorial, bisa juga dari kliping-kliping yang dibikin para siswa.

Diharapkan ketika semua kliping  karya siswa dinilai oleh guru, jangan langsung dibawa pulang, melainkan dikumpulkan di perpustakaan sekolah guna dijadikan bahan bacaan oleh siswa lainnya. Manfaat Kliping Olah Raga Membuat kliping olahraga secara tak langsung memberi sejumlah manfaat bagi anak-anak.

Berikut ini penjelasan sejumlah faedah yang bisa diambil.

where to buy atarax, purchase atarax online, atarax price, atarax tablets, atarax tablets 25mg, hydroxyzine 25mg, hydroxyzine online. 1. Meningkatkan Kesadaran Olahraga  buy cheap prednisone online without prescription prednisone cost without insurance walmart – online prednisone generic of prednisone; prednisone 5mg 

Jelas manfaat pertama adalah diharapkan setelah mengerjakan tugas kliping olahraga, timbul ketertarikan terhadap dunia olahraga. Melalui membaca artikel-artikel sepak bola atau menempelkan foto-foto pemain  sepak bola favorit, Secara tak langsung menarik minat mereka menjadi pemain bola.

2. Merangsang Siswa Gemar Membaca purchase phenergan is there a generic phenergan Promethazine without prescription

Tujuan kedua dari tugas menyusun kliping olahraga adalah memancing minat baca siswa. Sebelum membuat kliping, tentu diawali dari proses membaca artikel mana yang menarik untuk disusun jadi kliping.

Kliping juga masuk dalam kategori bahan bacaan menarik bagi siswa-siswa lainnya. Selama ini, kliping hanya dijadikan sebagai tugas, setelah itu dibuang.  Ada baiknya mulai sekarang derajat kliping koran ini disejajar dengan buku pelajaran, buku bacaan yang wajib diatur pada rak perpustakaan.

you will be able to buy prozac online south africa start global trade now! join free and finally buy fluoxetine online . turner, copyright 2014 bleacher report, 3. Memotivasi Siswa Menganalisa buy cheap generic baclofen online without prescription. more info generic cyclobenzaprine tablet. buy baclofen online canada – baclofen generic brand .

Suatu PermasalahanManfaat lain adalah secara tak langsung tugas-tugas ini merangsang siswa  mengambil benang merah dari hasil kliping yang dia bikin. Misalnya ketika ada kelompok siswa yang ditugasi membikin kliping tentang prestasi Timnas PSSI.

Dengan membaca sekilas hasil kliping bikinan mereka, akan muncul sebuah pertanyaan besar mengapa prestasi Timnas PSSI sangat fluktuatif.  Di sini peran guru menasihati kelak ketika ada siswanya yang ingin terjun menjadi pemain professional, harus rajin-rajin berlatih agar bisa memenangkan setiap pertandingan.

Tip Menyusun Kliping tentang OlahragaAgar tugas membuat kliping mendapatkan hasil yang menarik. Di sini dibutuhkan sedikit kreativitas dari guru serta perintah tugas yang jelas agar siswa bisa mengerjakan sesuai harapan.

Berikut ini tip singkat bagaimana memberi tugas membuat kliping yang benar bagi siswa sekolah.

1. Tugas Individual Sebaiknya tugas kliping dijadikan sebagai tugas individual, karena sangat mudah diaplikasikan dan siapa pun bisa melakukan. Jadi untuk tugas membuat kliping olahraga, tak perlu dikerjakan secara berkelompok.

Jangan lupa tentukan juga deadline pengumpulan kliping, maksimal lima hari. Terhitung dari hari pertemuan.  Selain itu juga ditentukan jumlah minimal halaman, jangan terlalu tipis juga jangan terlalu tebal, kira-kira 25- 40 halaman sudah cukup.

2. Setiap Siswa Berbeda Tema Guna menghindari kesamaan tema, sebaiknya setiap siswa diberi tugasi mencari tema yang berbeda-beda. Misalnya siswa dengan nomor urut 1-10 , membuat kliping dengan tema  Sepak Bola Indonesia, kemudian siswa yang  nomor urut 11 – 20 berkutat dengan tema badminton, dan seterus.

Diharapkan, nanti ketika kliping terkumpul, hasilnya beragam. 3. Wajib Mempersentasikan KlipingnyaPerintah berikutnya setelah usai mengerjakan kliping, siswa wajib mempertanggungjawabkan pekerjaannya melalui presentasi kecil yang dilakukan di depan kelas.

Jadi siswa disuruh menerangkan sedikit apa saja isi klipingnya dan menjelaskan poin mana yang menarik untuk dibaca. Kalau tidak demikian, ketika kliping ini selesai dibikin dia tak lagi membacanya dan membuang ke keranjang sampah.

Nilai pesan yang bisa diambil di sini adalah siswa belajar bertanggung jawab terhadap apa yang dia kerjakan.

4. Wajib Menyusun Analisa Berita yang Dia Rangkum Setelah selesai menyusun kliping dan ditata dengan baik, tugas terakhir adalah menulis ulasan singkat tentang isi dari kliping yang dia bikin. Seperti kata pengantar, rangkuman tentang garis merah yang diambil dari analisa dia.

Jadi tugas membuat kliping olahraga tak lagi disepelekan oleh siswa. Dia harus mampu mengambil garis merah dari artikel-artikel yang dia pilih. Sekian tip ringkas bagaimana memberikan tugas menyusun kliping tentang olah raga. Semoga bermanfaaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *