7 Langkah Penting Sebelum Memulai Usaha Dagang

“Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit”.inilah peribahasa yang member motivasi bagi para pemula yang ingin mencoba menjalani suatu usaha. Jika kita bercermin pada orang-orang sukses dalam usahanya janganlah melihat keberhasilannya yang sekarang, tapi lihatlah perjuangan dan pengorbanan awalnya sebelum berbuahkesuksesan.

Banyak dari mereka yang awalnya berasal dari orang kecil yang berubahmenjadi orang yang besar.Wujudkanlah cita-cita besar kita dengan dimulai dari usaha yang kecil.Ada 7 langkahpenting yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha sendiri yaitu :

Modal Usaha

Langkah pertama dalam memulai suatu usaha adalah memiliki modal usaha. Dengan modal ditangan, bentuk usaha apapun yang ingin dijalankan dapat terealisasi dengan cepat dan mudah.Terkadang orang berpikir harus memiliki modal yang besar untuk memulai suatu usaha.

Hal ini tidaklah selalu dibenarkan. Modal yang minim pun dapat dimanfaatkan untuk membuka suatu usaha. Akan tetapi, jenis usahanya harus disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Seiring berjalannya waktu, Dengan do’a dan kerja keras sedikit demi sedikit modal akan terus bertambah.

Pada umumnya hal yang besar tercipta dari hal yang terkecil.Begitu pun dalam usaha yang tidak harus selalu bermodal besar, dengan modal minim pun dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha kecil-kecilan yang pada akhirnya dapat menjadi usaha yang besar.

Menentukan Produk Dagangan

Hal yang mesti dilakukan untuk membuka usaha dagang tentunya harus menentukan terlebih dahulu jenis produk atau dagangan yang akan dijual. Ketepatan dalam memilih produk akan sangat berdampak terhadap perkembangan usahanya. Janganlah menjualbarang-barang yang telah banyak dipasaran. Hal ini akan berdampak terhadap pengurangan pembeli yang akanmembeli produk kita.

Semakin banyaknya orang yang menjualproduk yang sama akan mengurangi jumlah pembeli karena mudahnya mendapatkan barang. Akan tetapi, berpikirlah untuk menjual produk karya cipta sendiri dimana belum ada orang lain yang menjualnya. Hal ini akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda jika produk Anda langsung diterima masyarakat karena tidak adanya persaingan usaha produk yang sama.

Tempat Usaha yang Strategis

Setelah memilih produk yang akan dipasarkan, tempat usaha merupakan factor penting yang harus diperhatikan juga dalam membuka usaha. Apalagi usaha yang bergerak dalam bidang penjualan suatu produk. Salah memilih tempat usaha dapat berdampak fatal dalam usahanya.

Tidak sedikit pengusaha kecil yang gulung tikar karena usahanya tidak laku, hal ini diakibatkan karena tempat usahanya yang tidak strategis.Pilihlah tempat usaha yang dilalui banyak orang agar keberadaannya dapat mudah diketahui.Salah satu lokasi favorit tempat usaha yang sering diburu oleh para pengusaha adalah di pinggir jalan raya.

Menarik Minat Pembeli dengan Promosi

Agar usaha dagang Anda cepat laris tentunya harus dikenali oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang mengetahui usaha kita, semakin banyak pula peluang menarik minat pembeli. Hal ini tidaklah semudah membalikan telapak tangan, orang biasanya akan membeli suatu produk yang telah dikenali dan dirasakan sebelumnya.

Agar dapat menarik minat pembeli tentunya dibutuhkan sebuah upaya untuk mempromosikan produk usaha tersebut.Banyak cara yang dapat dilakukan sebagai upaya promosi suatu produk diantaranya dengan membuatbrosur yang disebarkan pada masyarakat. Ada juga bentuk promosi yang dilakukan dengan cara membagi-bagikan produknya secara gratis agar masyarakat dapat merasakannya sehingga tertarik untuk membelinya.

Produk yang Berkualitas dan Murah

Dalam dunia usaha khususnya perdagangan mau tidak mau harus siap menghadapi persaingan usaha. Para penjual akan selalu berupaya memproduksi atau memberikan servise yang memuaskan terhadap pembeli agar menjadi konsumen setianya.

Persaingan usaha tentunya dilakukan secara sehat dan tidak menghalalkan segala cara. Pembeli biasanya akan lebih tertarik untuk memburu suatu produk yang dinilai berkualitas tapi harganya murah.

Laba Usaha yang Kecil tapi Berkelanjutan

Usaha kecil yang baru dirintis ditambah keberadaan produk yang masih asing di masyarakat membutuhkan kesabaran yang ekstra dalam menjalaninya. Janganlah menjual produk usaha yang terlalu mahal karena berambisi untuk meraup untung yang besar dari penjualan satu produk.

Masyarakat biasanya akan kapok dengan harga yang mahal. Berpikirlah untuk menjual barang dengan untung yang sedikit akan tetapi dengan pembeli yang banyak. Untung yang sedikit dari satu barang jika pembelinya banyak tentu akan menghasilkan keuntungan yang banyak juga.

Pantang Menyerah dan Tidak Putus Asa

Tak ada satupun bentuk usaha yang dilakukan tanpa pengorbanan dan perjuangan. Pahit manis dalam menjalani usaha harus dijadikan motivasi dan cambuk untuk lebih gigih lagi dalam menjalani usahanya hingga usahanya sukses berbuah manis.

Jiwa yang pantang menyerah serta tidak mudah putus asa dari kegagalan yang dihadapi adalah sifat sekaligus modal yang terpenting yang wajib dimiliki seorang pengusaha dalam memulai suatu usaha apapun. Janganlah mengharapkan suatu hasil tanpa adanya jerih payah.

Artikel Menarik Lainnya