Program Keluarga Berencana di Indonesia

Bukan rahasia lagi, Indonesia termasuk salah satu negara terpadat di dunia. Khususnya di Pulau Jawa. Ya, persentase kelahiran di Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan kematian. Oleh karena itu, Indonesia mengambil langkah untuk menjadikan program keluarga berencana sebagai solusinya.

Apa itu KB?

KB merupakan singkatan dari Keluarga Berencana. Bila didefinisikan, Keluarga Berencana merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membatasi persentase kelahiran di Indonesia. Dalam hal ini, pembatasan kelahiran dilakukan dengan penggunaan berbagai alat kontrasepsi.

Dalam program ini, jumlah ideal sebuah keluarga adalah 4 orang, yaitu ayah, ibu, dan dua orang anak. Sejak akhir tahun 70-an program KB sudah mulai dicanangkan. Dengan begitu, seharusnya pada 2013 ini masyarakat sudah mengetahui seluk beluk tentang program KB. Namun dalam kenyataannya tidak demikian. Pengetahuan masayarakat tentang program KB masih sangat kurang.

how to order baclofen purchase in australia, california, how buy baclofen canada, discount baclofen price for prescription, how to buy baclofen buying generic valtrex save on prescription drugs online or by mail order. canada price , atarax online, atarax 50 mg, order atarax online, generic atarax, atarax 10mg tablets, atarax hydroxyzine, buy hydroxyzine. Tujuan Program KB propecia 6 years propecia reviews

Setiap program yang dicanangkan pemerintah tentu mempunyai tujuan. Begitu pula dengan program KB. Lalu, apa tujuan dari program KB? Tujuan dari program KB terbagi menjadi dua, yaitu tujuan secara umum dan khusus.

Secara umum, program KB bertujuan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. KB merupakan program yang menjunjung tinggi NKKBS. Apa itu NKKBS? NKKBS merupakan singkatan dari Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.

Kemudian bila dilihat secara khusus, program KB memiliki tiga tujuan. Pertama, menyeimbangkan persentase kelahiran dan kematian. Kedua, meningkatkan penggunaan alat kontrasepsi di Indonesia. Terakhir, meningkatkan kesejahteraan keluarga kecil dengan mengurangi jumlah kelahiran.

advair diskus 250 50 generic name advair diskus price walgreens order Flonase KB dalam Pandangan Islam

Seperti yang diketahui, di dunia ini selalu ada pro dan kontra. Begitu pula halnya dengan program KB. Di dalam Islam terdapat dua cara pandang terhadap program KB. Satu pihak membolehkan, sedangkan di lain pihak dengan tegas menolak adanya program KB.

Para ulama juga mempunyai pendapat berbeda dalam menilai program KB. Ulama yang setuju dengan program KB mempunyai penilaian tersendiri. KB dianggap sebagai program yang mempunyai dasar-dasar penting dalam membentuk sebuah keluarga. Ulama berpendapat dengan program KB akan mengurangi beban ekonomi keluarga. Hal ini disebabkan, dalam program KB sebuah keluarga hanya memiliki dua orang anak.

Di samping itu, ada juga ulama yang berpendapat bahwa program keluarga berencana hukumnya haram. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan, menurut ulama tersebut program KB tidak sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW memang menganjurkan para umatnya untuk menerima kehadiran buah hati sebagai anugerah Allah yang paling istimewa. Bahkan, Rasulullah SAW juga menganjurkan para umat Islam untuk memiliki banyak keturunan. Meski begitu, bukan berarti umat Islam harus meningkatkan persentase kelahiran.

Memiliki keturunan bukan hanya soal banyak atau sedikit. Setiap pasangan harus bisa melahirkan anak-anak yang berkualitas. Untuk itu, orangtua dituntut bisa mendidik anaknya supaya sholeh dan beriman.

Banyak anak, banyak rezeki. Begitulah ungkapan yang sering muncul di masyarakat. Namun coba pikirkan secara masak, apakah ungkapan tersebut benar? Secara logika, dengan banyaknya keturunan tentu saja akan menambah beban ekonomi. Pengeluaran keluarga semakin bertambah banyak seiring pertambahan anak.

Untuk itu, masyarakat harus bisa menilai program KB dalam berbagai sudut pandang. Bila ingin mempunyai banyak keturunan, harus siap menerima risiko di hari kemudian. Salah satunya dalam hal ekonomi.

Kembali lagi dengan pandangan islam terhadap program KB. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, KB bertujuan untuk menanggulangi persentase kelahiran. Hal inilah yang menjadi perdebatan dalam Islam.

Apabila tujuan program keluarga berencana untuk membatasi jumlah anak, haram hukumnya. Tidak heran, jika banyak hadist yang mendukung umat islam untuk mempunyai banyak keturunan. Salah satu hadistnya berbunyi “ jangan membunuh anak dengan alasan tidak mampu menanggung biaya kehidupannya kelak”.

Dari hadist di atas, jelas sekali Islam melarang umatnya untuk membatasi jumlah anak. Bagaimana pun anak merupakan anugerah terindah dari Allah SWT. Untuk urusan rezeki seharusnya umat islam tidak perlu khawatir. Allah SWT telah menurunkan rezeki kepada umatnya. Namun masalahnya, sekuat apakah pengorbanan orangtua dalam mencari nafkah bagi keluarganya?

Dengan kerja keras dan bertawakal kepada Allah, masalah ekonomi bisa diatasi. Jangan pernah menyerah dalam mencari pundi-pundi uang untuk membiayai anak dan istri. Banyak jalan yang Allah SWT berikan kepada umat-umatnya yang bekerja keras.

Berdasarkan paparan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa program KB diperbolehkan dengan berbagai alasan. Mulai dari mengatur jarak kelahiran anak, menjaga kesehatan sang ibu, menjaga keselamatan anak, sampai dengan risiko biaya kehidupan anak kelak.

Sebaliknya, program KB tidak diperbolehkan jika didasari dengan alasan yang salah. Contohnya, khawatir tidak bisa membiayai kehidupan anaknya kelak. Nah, sekarang sudah tahu kan tujuan dari program KB. Mulai dari awal mula KB sampai dengan pandangannya dalam Islam.

Dengan demikian, pengetahuan tentang program KB semakin bertambah banyak. Demikianlah ulasan seputar program keluarga berencana. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *