Toko Olahraga di Bandung

Mendirikan toko olahraga di Bandung dan sekitarnya merupakan terobosan yang tepat, karena Bandung adalah pasar yang seksi untuk digarap dicoba. Bandung merupakan barometer fashionnya Indonesia.

Produsen alat-alat olahraga, produsen sepatu dan baju olahraga berkumpul di Bandung dan sekitarnya. Tak heran Buyer-buyer besar dari berbagai daerah banyak yang kulakan di Bandung, karena harga belinya lebih murah.

Dari segi geografis, letak Bandung tak begitu jauh dari Jakarta, sehingga setiap akhir pekan tiba, banyak orang Jakarta datang ke Bandung untuk shopping sambil liburan. Tak ketinggalan juga memborong baju-baju sport di toko olahraga.

Alasan Membuka Toko Olahraga di Bandung

Bagi masyarakat kota metropolitan seperti Jakarta dan Bandung, olah raga merupakan kebutuhan rutin yang harus dipenuhi, minimal seminggu dua kali. Olahraga adalah terapi yang efektif mereduksi stress akibat himpitan beban kerja yang tinggi. Selain itu olah raga merupakan gaya hidup sehat yang tengah digencar digalakan pemerintah.

Selain itu maraknya komoditas olah raga yang ditayangkan di media massa seperti liga sepak bola dunia (La Liga, Liga Inggris, Liga Italia Serie A ). Selain itu ada musim kompetisi basket Amerika / NBA, yang ditayangkan di televisi. Dampak positifnya berimbas pada tingginya permintaan konsumen akan produk apparel klub sepak bola terkenal, seperti kaos tim, jaket dan pernik lainnya.

Motivasi dan Hobi adalah Modal Utama

Pemilik toko olah raga kebanyakan menjalankan usahanya dengan motivasi dari kegemarannya terhadap olah raga, dan pernah meraih puncak prestasi tertinggi.

Contohlah Susi Susanti dan Alan Budikusuma, dari setelah sukses menjadi atlit dunia. Pasca mengundurkan diri dari dunia badminton mereka mendirikan usaha bisnis peralatan badminton, seperti baju, raket, shuttlecock, dan sejenisnya.

Berkat pengalaman yang matang didunia bulu tangkis, dia berhasil mendirikan pabrik raket yang sesuai dengan kebutuhan pemain. Pelan tapi bisnis Alan dan Susi ini mulai menapaki jalan sukses.

Dari kisah ini bisa diambil kesimpulan bahwa bisnis toko olah raga di bandung maupun di mana saja harus ada landasan motivasi yang kuat. Pemilik toko olahraga pasti menggilai olahraga.

Sehingga pelaku bisnis jenis ini mengelola bisnisnya tanpa ada beban. Ketika tokonya pasang surut pun dia tetap tenang dan tidak stress. Melakukan sesuatu jika sudah hobby, rintangan serumit apapun bisa diselesaikan dengan tenang.

Tips Berjualan Produk Olah Raga

Membuka toko olahraga di Bandung dan sekitarnya, sebelumnya harus mempelajari startegi bisnis cermat. Apalagi sekarang ini ada banyak kompetitor yang bermain pada segmen yang sama. Bagi pebisnis pemula atau yang sudah senior tentu tak ingin usahanya tenggalam dalam persaingan bisnis ini.

Strategi paling awam adalah berhasil memenangkan persaingan bisnis, minimal bisa bertahan dengan menjual produk andalan. Berikut ini sedikit tips ringkas bagaimana cara berjualan produk olah raga.

1. Fokus pada Penjual Produk Most Wanted

Untuk memenangkan persaingan bisnis, sebaiknya pemilik bisnis fokus ada item yang paling laris dibeli konsumen. Misalnya baju olah raga, bola basket, bola kaki dan sebagainya.

Jenis produk yang paling dicara di toko olah raga

  • Baju klub sepak bola
  • Sepatu bola
  • Sepatu basket
  • Sepatu running
  • Paralatan olahraga

2. Pasang Harga Murah

Harga merupakan pertimbangan utama saat konsumen menentukan membeli atau tidak. Pembeli sangat selektif masalah harga, hanya selisih harga Rp. 2000 saja, dengan toko lain, konsumen bisa tidak jadi beli. Malah membeli di toko lain yang harganya lebih murah Rp. 2000, padahal merk dan kwalitasnya sama.

Maka dari itu agar konsumen tak jadi kabur, jangan takut pasang harga murah dari pesaing. Profit turun sedikit tak masalah asalkan konsumen tetap setiap belanja di toko Anda. Ingat, konsumen merasa puas atas barang yang dia beli di toko Anda, dia akan mempengaruhi lima orang temannya untuk datang membeli di toko.

3. Up date Produk

Tingkat perubahan trend produk olahraga sebenarnya cukup lambat, dari pada gadget atau otomotif. Walau demikian tak berarti pemilik toko acuh terhadap trend, ada baiknya ketika ada produk baru diluncurkan, usahakan dalam waktu singkat, Anda sudah memajang produk tersebut di toko Anda.

Usahakan selalu meng update produk –produk baru. Karena konsumen cepat bosan jika beberapa kali berkunjung di toko Anda tapi barangnya Cuma itu-itu saja.

Kecepatan menjual produk baru berimbas pada naiknya reputasi toko Anda. secara tak langsung Anda, lebih cepat satu langkah dari pesaing lainnya. Ingat dalam dunia bisnis siapa yang paling cepat menghadirkan sesuatu yang baru, dan paling cepat menjualnya dialah pioneer dalam bidangnya.

4. Jual Produk Resmi / original

Guna menjaga kelangsungan bisnis toko Anda di Bandung. Sebaiknya produk yang dijual adalah barang-barang resmi, bukan produk palsu atau kw. Karena konsumen rata-rata lebih mengincar produk aslinya.

Resiko menjual produk palsu, Anda bisa diseret ke meja hijau karena menjual barang palsu, dan merugikan pemilik merk resmi. Kalau mimpi buruk ini terjadi, usaha Anda pasti merugi, modalnya dihabiskan untuk membayar denda ganti rugi.

Demikianlah sekilas tentang tips buka toko olahraga di Bandung. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Artikel Menarik Lainnya