Macam-macam Olahraga Air

Olahraga air merupakan permainan yang selain mengasyikkan juga menyehatkan bagi tubuh dan sistem pernapasan. Berikut ini adalah macam-macam olahraga air yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia.

  • Olahraga Renang

Renang merupakan olahraga yang di dalamnya terdapat kecepatan dalam berenang, jenis gaya yang digunakan pada saat melakukan olahraga ini, dan manfaat yang diperoleh dari penggiat renangnya pun banyak.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan renang adalah meninggikan badan, melatih sistem pernapasan, membakar kalori, menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh, dan menghilangkan stres.

Kegiatan olahraga ini merupakan salah satu jenis olahraga yang popular. Akan tetapi, kegiatan ini jarang sekali ditayangkan di televisi seperti halnya permainan sepak bola atau tinju.

Meskipun demikian, Ada tetap bisa mendapatkan informasi mengenai olahraga renang ini di beberapa koran, majalah, atau situs khusus olahraga.

  • Olahraga Selancar

Selancar atau yang sering disebut dengan surfing ini juga merupakan salah satu jenis olahraga air. Olahraga ini memiliki banyak peminat yang kebanyakan berasal dari kalangan remaja dan kalangan menengah ke atas.

Kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan papan selancar ini dilakukan pada wilayah air dengan ombak yang tinggi sehingga peselancar diharuskan untuk tetap bertahan meskipun terdapat terjangan ombak yang sangat tinggi dengan kekuatan yang bisa saja membuat papan selancar menjadi terbalik.

  • Olahraga Renang Indah

Kegiatan ini sama seperti kegiatan berenang. Akan tetapi, renang indah juga menggambungkan antara kegiatan renang, senam, dan seni tarii sehingga terlihat sisi eksotisya pada saat para pemain renang indah ini melakukan atraksi senam atau seni tari di dalam air.

Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh seorang, bertiga, atau beberapa orang dalam regu. Hal-hal yang perlu diperlihatkan dan dimiliki oleh para pemain olahraga renang indah adalah ketahanan fisik, kelenturan fisik, keanggunan, sistem pernapasan, dan keindahan tarian. Kegiatan ini mulai berkembang pada tahun 1990-an di Kanada.

  • Olahraga Polo Air

Polo air merupakan permainan seperti olahraga sepak bola yang dilakukan di dalam air. Peraturan permainan yang diberlakukan pun sama halnya dengan peraturan pada sepak bola agar masing-masing tim dapat memasukkan bola ke dalam gawang lawan dengan pemenang yang mendapatkan skor tertinggi.

  • Olahraga Arung Jeram

Olahraga arung jeram ini biasanya digabungkan dengan kegiatan lainnya seperti halnya panjat tebing atau kegiatan outbond lainnya. Kegiatan ini biasanya dilakukan di dalam air sungai yang memiliki aliran air yang deras dan kuat.

  • Olahraga Snorkling

Olahraga air yang satu ini merupakan kegiatan berenang dengan menggunakan alat snorkel dan sepatu berbentuk kaki katak untuk memudahkan kegiatan berenang di dalam air. Kegiatan ini dilakukan untuk melihat pemandangan yang ada di perairan laut.

Peralatan yang dibuthkan dalam kegiatan olahraga ini adalah snorkel, yakni peralatan berupa selang yang membentuk huruf J sebagai pelindung mulut untuk menghindari pemain dari kehabisan napas saat melakukan penyelaman.

Pemain snorkeling harus mengangkat muka ke permukaan air untuk mendapatkan udara yang diperlukan sebelum penyelaman berlangsung. Penyelam biasanya menggunakan alat ini agar bisa menghemat udara yang tersimpan di dalam tabung udara yang dibawanya.

Selain snorkel, kegiatan olahraga ini juga membutuhkan baju khusus yang dinamakan baju selam agar pemain snorkeling tidak kedinginan sehingga kegiatan dapat dilakukan dalam jangka wkatu yang cukup lama dan terhindar dari berbagai makhluk laut yang cukup berbahaya bagi tubuh. Baju pelampung juga dibutuhkan dalam permainan ini apabila penyelam tidak memiliki keahlian dalam bidang berenang.

Peralatan lain yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah masker dengan bentuk jendela kedap air yang melindungi wajah pada bagian mata dan hidung agar tidak mudah terkena air.

Bagian lensa pada masker ini dibuat dari bahan kaca pengaman dan silikon yang memudahkan pemasangan snorkel sekaligus memudahkan para penggiat snorkel untuk mengambil napas.

Pada saat memasang masker, penyelam diharuskan untuk memeriksa kembali bagian tubuhnya agar bisa menyelam secara aman. Rambut penyelam tidak diperbolehkan terjepit pada bagian masker dan wajah agar tidak ada air yang masuk ke dalamnya. Oleh karena itulah para penyelam biasanya menggunakan penutup rambut yang terbuat dari bahan karet.

  • Olahraga Diving

Kegiatan menyelam ini dilakukan tanpa menggunakan alat bantu pernapasan seperti halnya snorkeling dan selam bebas sehingga orang yang melakukan kegiatan ini diharuskan memiliki keahian dalam menyelam tanpa alat bantu. Penyelaman dilakukan bisa berupa penyelama profesional atau pun penyelaman rekreasi.

Dalam olahraga ini, jarak pandang diperlukan untuk menjaga agar kegiatan penyelaman dalam keadaan aman sehingga semakin jernih airnya, maka jarak pandang akan semakin baik dan penyelam semakin mudah melakukan penyelaman dan melihat objek pemandangan di bawah laut.

Artikel Menarik Lainnya