Memanfaatkan Limbah plastik sebagai Peluang Usaha Terbaru

Peluang usaha terbaru membuat kerajinan dari plastik limbah. Banyak sampah yang terbuat dari plastik seperti plastik ditergen, makanan, dan kantong kresek.

Plastik-plastik tersebut paling banyak ditemui di dapur sampah rumah tangga. Limbah plastik tidak mudah diurai. Plastik dapat merusak ekosistem tanah. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk benar-benar dapat diuraikan.

Menciptakan kerajinan berbahan dasar plastik sebagai hasil karya adalah peluang usaha terbaru yang unik dan menarik. Plastik yang terbuang dimanfaatkan ulang untuk dijadikan sebuah kerajinan.

Misalnya membuat tempat pensil dari plastik deterjen. Bekas dari plastik makanan bisa juga dikumpulkan dan disulap menjadi sebuah tas plastik yang digunakan untuk belanja.

Adapun plastik-plastik sisa dari minuman kemasan yang kecil atau jajanan, bisa disulap menjadi alas meja. Tidak heran jika alas meja ada yang bergambarkan merek makanan yang tetata begitu rapi. Peluang semacam ini belum banyak diadopsi.

Di Yogyakarta, ada salah satu warga yang memanfaatkan kerajinan ini. Pesanan yang datang pun dari hari ke hari semakin banyak. Ide yang keluar tersebut diawali dari sebuah keprihatinan tentang limbah plastik yang semakin hari semakin banyak.

Langkah peduli lingkungan ternyata juga dilakukan oleh dosen penulis. Setiap hari Sabtu, ia mewajibkan mahasiswanya untuk membawa detergen plastik. Plastik-plastik tersebut dikumpulkan dan disumbangkan kepada pengrajin plastik tersebut.

Berkreasi dengan Limbah Plastik

Mengembangkan usaha kerajinan dari plastik ini ternyata dapat dipelajari, jika mau, bahkan dapat dilakukan secara sendiri. Kuncinya adalah mau mencoba dan berani untuk mengkreasikan. Bagaimana cara membuatnya? Ada yang penasaran dengan peluang usaha baru satu ini? Jika ada yang tertarik, boleh mengikuti cara berikut ini.

Plastik Bekas

Mengumpulkan plastik bekas. Kumpulkan plastik plastik bekas sebagai bahan dasarnya. Kemudian cuci bersih plastik tersebut. Kemudian potong bagian tepi yang tujuannya agar lebih rapi dan simetris antara plastik satu dengan yang lain. Banyaknya bekas sobekan pemakaian, inilah fungsinya agar plastik lebih rapi.

Membuat Pola

Jika plastik sudah terkumpul, langkah selanjutnya adalah membuat pola. Di sini kita bisa memulai membuat pola, ingin membuat pola sebagai tempat pensil, tas atau sekadar ingin membuat pernah pernik saja. Tanpa membuat pola, hampir tidak bisa dilakukan. Fungsi pola adalah mendesain barang yang ingin dibuat.

Menjahit

Jika dua langkah tersebut sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menjahit. Saat menjahit, pastikan untuk memulai menempel kertas yang sudah disiapkan. Kita harus memiliki keterampilan dan ketelitian tersendiri untuk menyatukan plastik satu dengan plastik yang lain. Karena jika tidak hati-hati, plastik akan mudah robek.

Peluang Usaha

Peluang usaha terbaru tentang kerajinan dari plastik ini tidak hanya dibuat dengan cara membuat tempet pensil maupun alas meja. Tapi, dapat pula dimanfaatkan untuk membuat pernak-pernik menarik seperti bando, gelang, bahkan sebagai aksesori ruangan kamar. Plastik buangan dapat pula dibuat sebagai gorden miniatur jendela.

Tidak hanya plastik bekas deterjen, botol terbuat plastik juga masih dapat dimanfaatkan menjadi pot bunga minimalis. Dapat digunakan untuk membuat mainan anak-anak.

Bahkan ada lampu unik yang dibuat menggunakan botol, sehingga lampu tersebut lebih menjadi artistik. Ada pula botol tidak terpakai dimanfaatkan sebagai tempat pensil. Hasilnya tidak kalah bagus dengan barang dari bahan kain lainnya.

Keuntungan memanfaatkan barang dari limbah ada beberapa hal, yaitu peduli terhadap lingkungan. Memanfaatkan kondisi lingkungan dari kerusakan alam seperti pencemaran tahan. Tanah tidak mampu mengurai plastik.

Sekalipun bisa, plastik harus dibakar atau menunggu puluhan tahun, baru plastik tersebut dapat diuraikan. Banyak orang yang menghancurkan plastik dengan membakarnya. Alhasil, plasti yang dibakar akan menimbulkan pencemaran udarah dan akan mempengaruhi pemanasan global.

Memanfaat peluang usaha terbaru dengan cara memanfaatkan limbah dari plastik ternyata mampu menyerap tenaga kerja. Dengan membuat sebuah usaha pembuat tas dan pernak-pernik dari sampah plastik, setidaknya telah mengentaskan kemiskinan, pengangguran sekaligus membantu program pemerintah untuk mengentaskan tiga permasalahan mendasar yang terjadi di Indonesia saat ini. Berkat usaha ini, mulai terserap tenaga kerjanya meskipun hanya lima orang, setidaknya sudah membantu, daripada tidak sama sekali.

Satu poin penting lagi yang tidak boleh diabaikan, yaitu melakukan pemasaran hasil kerajinan dari limbah ini. Pemasaran yang murah dan hemat adalah dipasarkan lewat online.

Tidak menutup kemungkinan juga dipasarkan secara langsung di toko alat tulis atau toko pernak-pernik, atau mungkin membuka sebuah outlet khusus sendiri, khsusus hasil kerajinan yang sudah dibuat. Jika sudah mendapatkan pasaran yang cocok dan tepat, tidak ada salahnya untuk membuat label khusus, penting sebuah produk diberi sebuah nama.

Jadi, peluang usaha terbaru itu dapat diciptakan tidak harus yang gress, tetapi juga bisa juga dalam bentuk sampah yang diolah lagi menjadi lebih berharga, lebih dari sekadar sampah. Semoga tulisan ini menginspirasi dan semoga bermanfaat. Selamat mencoba untuk mengkreasikannya.

Artikel Menarik Lainnya