Kiat Sukses Bisnis franchise

Franchise atau waralaba merupakan wewenang yang diberikan oleh franchisor (pihak yang memberikan waralaba) kepada seorang franchisee(pihak yang menerima waralaba ). Wewenang ini diberikan kepada pihak penerima waralaba agar dapat menjual serta menyalurkan suatu barang atau layanan jasa dengan menggunakan merek dagang serta aturan yang telah ditetapkan oleh franchisor. Sejauh apakah perkembangan bisnis franchise saat ini khususnya di Indonesia dan bagaimanakah tips sukses dalam menjalani bisnis ini?. Semua ini akan di bahas dalam artikel di bawah ini.

Bisnis waralaba di Indonesia mulai dikenal dan dijalankan sekitar tahun 1950. Bisnis ini dimulai dengan berdirinya dealer-dealer motor  yang telah mengantongi lisensi atau izin. Sampai dengan sekarang ini kita dapat melihat sendiri betapa mudahnya menemukan dealer motor karena saking banyaknya orang yang mendirikannya.

Perkembangannya dinilai sangat pesat, hal ini ditandai dengan mulai bermunculannya bisnis-bisnis waralaba baru diantaranya Indomaret, Alfamart, CFC, hip hop dan masih banyak lagi bisnis waralaba yang telah berjalan di Indonesia. Banyaknya peminat untuk terjun dalam bisnis ini memberikan jawaban bahwa bisnis waralaba saat ini sangat menguntungkan dan menghasilkan laba yang menggiurkan khususnya bagi seorang franchise.

Untuk memulai bisnis waralaba ini tentunya tidak semudah saat kita berencana untuk bisnis berdagang pada umumnya. Dalam bisnis waralaba ada persyaratan yang mesti di perhatikan diantaranya mengenai pembiayaan.

Pada dasarnya biaya untuk mendirikan waralaba terdiri atas Biaya Awal dan Biaya untuk Royalti. Biaya awal yang dimaksud adalah modal awal yang harus dimiliki minimalmya 10 juta sampai dengan satu miliar. Biaya ini yang akan digunakan oleh franchisee untuk membayar biaya pemakaian HAKI serta biaya untuk mendirikan bangunan usaha dengan mengikuti ketentuan-ketentuan dari franchisor. Artinya kontruksi dan design bangunan usahanya harus dibuat seperti yang telah ditentukan oleh  franchisor.

Selain biaya awal yang harus dikeluarkan, ada juga biaya lain yang mesti dibayar oleh seorang franchisee. Biaya tersebut adalah biaya royalty yang harus  dibayarkan kepada franchisor setiap bulannya. Biaya royalty yang diberikan berasal dari laba atau keuntungan franchisee dalam menjalankan bisnis usahanya itu. Besarnya biaya royalty yang diberikan adalah 5 sampai sepuluh persen dari pendapatan kotor. Semua ini telah menjadi ketentuan dan perjanjian antara kedua belah pihak yang wajib dipatuhi.

Setelah mengetahui aturan dan persyaratan dalam berbisnis waralaba. Ada beberapa hal lain yang mesti anda perhatikan agar bisnis waralaba anda sukses dan menguntungkan, diantaranya :

Memilih Franchise Ternama

Jika anda tertarik bergabung dalam bisnis waralaba. Hati-hatilah jangan sampai asal bergabung. Kenali terlebih dahulu usaha franchise yang akan dijalani. Akan lebih aman jika anda bergabung dengan usaha franchise yang namanya telah bonafit atau dikenal oleh seluruh masyarakat. Tidak hanya ketenaran namanya saja yang mesti diperhatikan, akan tetapi bagaimana pasaran produk-produk yang dijualnya apakah banyak diminati masyarakat atau kurang diminati.

Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keuntungan dan penghasilan anda setiap bulannya. Usaha-usaha franchise yang bertahan lama  berarti telah membuktikan kelasnya sebagai usaha franchise yang sukses. Produk-produk dan pelayanannya telah diterima hangat dan menarik hati masyarakat sehingga menjadi pelanggan setianya.

Memiliki Modal Usaha clomid x gravidez order phenergan online order phenergan online generic phenergan purchase clomid

Memiliki modal untuk mendirikan usaha franchise bisa menjadi suatu hal yang wajib. Tanpa modal awal, mungkin anda tak bisa menjalani bisnis ini. Modal minimal tidak mesti harus 10 juta, memiliki modal yang kurang dari 10 juta pun bisa digunakan dalam usah franchise.

Kini telah banyak bermunculan juga usaha-usaha franchise yang hanya dengan modal awal 4 sampai 5 juta sudah dapat dijalani. Jadi , Pilihlah usaha franchise yang sesuai dengan modal yang anda miliki jangan terlalu berambisi untuk memiliki modal yang besar agar dapat bergabung dalm usaha franchise yang ternama. Modal kecilpun apabila terus dijalani, sutu hari akan menjadi modal yang besar.

Memilih Tempat yang Strategis 3 days ago – venture exchange does not prescription cream order estrace to detect. a response within four to play a generic anti-fungal. pursuing those web 

Memilih tempat yang strategis dalam usaha franchise adalah faktor penting yang juga tidak boleh dilupakan oleh seorang franchisee. Kesalahan dalam memilih tempat dapat berakibat fatal terhadap usaha yang dijalani, Jangankan menghasilakan keuntungan, produk yang tidak laku terjual dapat memberikan kerugian.

Resiko terbesar bisa mengakibatkan usaha anda gulung tikar. Usahakanlah untuk mencari tempat yang strategis untuk pemasaran produk-produknya. Pilihlah tempat yang terbuka dan mudah terlihat oleh pandangan masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar usaha anda mudah dikenali dan menarik pembeli. Untuk itu perlu dilakukan survey terlebih dahulu terhadap lahan yang akan dijadikan sebagai tempat usaha untuk menentukan strategis atau tidaknya tempat tersebut.

buy fluoxetine online lioresal 25mg, baclofen mg, buy cheap lioresal, lioresal mg, buy baclofen online, buy lioresal online, purchase baclofen . contact us , fluoxetine dosage 5 mg, prozac 80 mg dosage. hotels of the world bay of many coves resort, luxury logdes of new zealand . Membangun Mental yang Kuat dan Jiwa Semangat

Untuk menjalani bisnis waralaba ini, selain harus mempersiapkan modal, persiapan mental usaha pun harus lebih disiapkan. Dengan bergabung dengan usaha ini berarti anda telah siap dengan resiko yang akan dihadapinya. Apapun masalah dan rintangan kedepannya, jika mental usaha anda sudah kuat bukan lagi hal yang harus ditakuti.

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar dengan menjalani bisnis waralaba tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kesuksesan usaha berlaku secara umum bagi mereka yang sabar dan pantang menyerah dalam menghadapinya. Sebaliknya, modal sebesar apapun yang anda gunakan bukanlah menjadi jaminan yang pasti untuk sukses jika semua itu tanpa dibarengi dengan kerja keras yang dibalut dengan kesabaran.

Demikianlah pembahasan mengenai bisnis franchise yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *