Contoh Konsep Teknologi yang Ide Penciptaanya Berasal dari Alam

Sebagaimana diketahui, selain manusia Tuhan juga menciptakan alam dengan isinya yang dapat digunakan sebesar-besarnya untuk memenuhi segala jenis kebutuhan manusia tersebut. Misalnya tumbuhan, hewan air, udara dan sebagainya.

Selain itu alam juga bisa memberi inspirasi atau ide kepada manusia untuk menciptakan konsep teknologi yang modern dan canggih sekaligus punya manfaat yang begitu besar untuk melakukan berbagai kegiatan.

Misalnya capung yang ukuran tubuhnya sangat kecil dan mungil. Tapi dari bentuk tubuh hewan kecil inilah manusia bisa berhasil menciptakan helikopter untuk terbang di angkasa.

Kemampuan terbang dan bentuk tubuh binatang serangga ini sudah lama sering dijadikan sebagai sumber bagi para ilmuwan sehingga tercipta desain helikopter sebagaimana yang sering kita lihat saat ini.

Meski belum belum dihasilkan suatu teknologi lain, tapi ada beberapa ilmuwan lain yang sudah melakukan penelitan pada serangga lain yaitu kupu-kupu atau lebah. Dari penelitian itu diketahui bahwa kupu-kupu yang terkenal dengan sayapnya yang sangat indah dan kepakan sayapnya tidak hanya dilakukan secara sembarangan saja.

Kepakan pada sayap itu ternyata adalah hasil sebuah mekanisme yang dinamakan aerodinamika yang dapat menjadikan binatang jenis mertamofosa tersebut bisa berada diudara.

Dan yang lebih menakjubkan lagi adalah gerakan pada sayap ini terdiri dari beberapa jenis dimana salah satunya bisa membuat kupu-kupu bisa berputar arah dengan cepat.

Dari pengamatan tersebut diharapkan bisa ditemukan satu teknologi lain yang membuat pesawat terbang dapat melakuan gerakan atau manuver dengan sistem yang lebih canggih. Karena selama ini pesawat terbang konvesional hanya punya dua macam gerakan untuk mengangkat tubuhnya lebih tinggi di udara.

Sedangkan kupu-kupu punya enam jenis gerakan pada sayapnya.
Binatang lain yang juga bisa terbang yaitu burung, punya kerangka yang sangat ringan tapi otot di bagian dadanya sangat kuat. Selain itu tulangnya yang menyatu dengan sayap merupakan satu prinsip aerodinamika yang sangat bagus dan sempurna.

Faktor ini kemudian diaplikasikan dalam bentuk atau desain pada sayap pesawat terbang. Sampai sekarang sudah ada beberapa ilmuwan yang menjadikan sayap milik burung sebagai salah satu sumber ide dan inspirasi saat menciptakan sistem yang lebih bagus terhadap pesawat dirgantara tersebut.

Lalu ada lagi burung hantu, dimana pada bagian bulunya dianggap punya kemampuan tertentu yang bisa digunakan untuk mengurangi suara yang bising dan hambatan yang sering muncul dari udara terhadap suatu benda.

Kemudian ada burung lain yaitu pekakak. Burung ini mempunyai paruh yang sangat runcing dan lancip pada bagian depannya. Selain itu burung tersebut bisa masuk dan meluncur dalam air tapi tidak pernah menimbulkan percikan atau gerakan air yang begitu besar.

Dari kedua jenis burung inilah berhasil tercipta kereta peluru yang dinamakan Shinkansen yang saat ini beroperasi di negara Jepang. Kereta api yang mengambil rute dari Tokyo dengan tujuan Fukuota ini punya kecepatanb sekitar 300 kilometer per jam. Tidak hanya waktunya saja yang tepat, kereta ini juga mampu memberi tingkat kenyamanan yang lebih tinggi serta jaminan akan keselamatan yang lebih bagus.

Perlu diketahui, masalah yang paling sering muncul saat kereta super cepat melewati terowongan adalah suaranya yang selalu bising terutama saat kereta tersebut mulai keluar. Suara yang bising ini muncul karena adanya perubahan tekanan yang selalu terjadi ketika kereta meluncur maupun keluar dari lubang terowongan.

Adannya perbedaan pada tekanan ini menimbulkan semacam polusi suara. Namun setelah bentuk kerata api ini diadaptasi atau disamakan dengan bentuk serta tampilan sepeti paruh milik burung pekakak pada bagian depan atau moncongnya, perubahan pada tekanan bisa dikurangi, sehingga suara yang terlalu bising juga bisa diredam dengan baik.

Konsep inilah yang membuat kereta itu lebih nyaman digunakan meski kecepatannya tetap tinggi serta tidak dikurangi. Selain itu ada beberapa bagian dari kereta ini yang konsep pembuatannya diadaptasi dari bulu burung hantu. Ini adalah contoh konsep teknologi lain yang idenya diambil dari kehidupan alam sekitar.

Hewan lain yang hidup di air atau air yaitu ikan juga bisa jadi sumber insprirasi untuk membuat mesin turbin pada perahu. Salah satunya adalah ikan paus. Meskipun punya ukuran tubuh yang sangat besar hingga puluhan meter dan beratnya mencapai beberapa ton, tapi ikan ini tetap dapat berenang dan meluncur dalam air dengan cepat menggunakan sirip di tubuhnya. Bahkan dia bisa bergerak dengan gesit dan lincah.

Dari bentuk sirip ikan hiu tersebut terciptalah sebuah turbin perahu yang sistem kerjanya lebih efisien namun keamanannya tetap terjamin dengan baik. Dan yang tidak kalah penting dana yang harus dikeluarkan untuk membuat dan mengoperasikannya jauh lebih hemat dan irit.

Selain beberapa contoh di atas, tentu masih ada beberapa konsep teknologi lain yang sebenarnya bisa diciptakan dimana sumbernya berasal dari alam. Semua ini tergantung pada manusia sendiri apakah mau belajar ilmu tentang kehidupan alam yang sebenarnya dapat didayagunakan sebaik dan semaksimal mungkin. Bukan merusak bahkan membinasakannya. Karena hasil kegiatan ini hanya mendatangkan kerugian saja.

Artikel Menarik Lainnya