Macam Macam Olahraga Ekstrem di Dunia

Apa saja macam macam olahraga ekstrem? Olahraga ekstrem merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenia olahraga dengan tingkat bahaya yang tinggi. Jenis olahraga satu ini bukan hanya memerlukan kesiapan fisik, melainkan juga mental. Untuk itu, tak jarang olahraga ekstrem cocok untuk menguji adrenalin.

Pada awalnya, mungkin olahraga jenis ini terlihat menakutkan. Tidak heran, hanya segelintir orang yang berani melakukan jenis olahraga ini. Namun jangan salah, biasanya setelah mencoba akan ketagihan. Adapun jenis olahraga ekstrem yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Bungge Jumping

Bungge jumping merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem. Dalam prakteknua, olahraga bungee jumping melibatkan gerakan melompat. Namun lompatan bungge jumping berbeda dari lompatan biasanya. Jika biasanya melompat ke atas, bunge jumping adalah olahraga dengan cara melompat ke bawah.

Ya, bungee jumping ialah olahraga melompat dari ketinggian tertentu. Untuk melakukan olahraga ini, diperlukan kabel elastis yang besar untuk diikatkan pada tubuh. Selain kabel elastis, Anda juga harus menggunakan alat pengaman. Tujuannya, untuk meminimalisir risiko yang terjadi saat praktek.

Pada umumnya, bungee jumping dilakukan dari atas bangunan tinggi, seperti gedung atau jembatan. Meski awalnya terlihat mengerikan, kini banyakorang yang tertarik untuk melakukan olahraga bungge jumping. Rasa tertarik itu muncul karena pada prakteknya olahraga ini tidak terlalu sulit. Namun membutuhkan nyali yang besar.

Adrenalin akan terpacu ketika badan sudah melompat ke bawah. Getaran yang berasal dari kabel elastis tersebut membuat tubuh tertari ke atas dan ke bawah. Apakah Anda tertarik dengan olahraga ini? Jikaingin mencoba, pastikan Anda bisa melawan rasa ketakutan itu.

Rock Climbing

Rock climbing atau penjat tebing merupakan olahraga ekstrem lainnya yang memelukan kesiapan fisik dan mental. Olahraga ini berguna untuk menguji keseimbangan, kelincahan, daya tahan , kekuatan, dan mental.

Di antara olahraga lainnya, panjat tebing termasuk salah satu olahraga yang berbahaya. Selain dibutuhkan kesiapan mental, Anda juga harus memiliki kemampuan memanjat yang tepat. Hal ini disebabkan rute untuk memanjat jauh dari kata aman.

Biasanya, para pemanjat profesional melakukan pendakian tanpa menggunakan alat pengaman. Untuk itu, penguasaan teknik memanjat menjadi hal penting. Namun untuk Anda yang ingin belajar juga tak ada salahnya. Anda bisa menggunakan alat pengaman sebagai langkah meminimalisir bahaya kecelakaan saat memanjat.

Speed Riding

Speed Riding merupakan jenis olahraga ekstrem yang menggunakan paralayang dan ski. Untuk itu, dalam melakukan olahraga ini diperlukan kemampuan dalam bermain ski. Mungkin banyak orang yang masih asing dengan olahraga speed riding. Wajar saja, karena speed riding termasuk olahraga yang baru berkembang saat ini.

Adrenalin pasti diuji dalam olahraga ini. Ya, speed riding dilakukan dengan terbang beberapoa meter di atas tanah, kemudian mendarat dengan kecepatan tinggi. usahakan melakukan pendaratan dengan benar, supaya tidak menimbulkan cedera.

Cliff Diving

Cliff diving merupakan sebutan olahraga menyelam dari atas tebing. Olahraga ini tentu membawa suasana baru bagi para penyelam. Cliff dving adalah olahraga yang melatih kesempurnaan akrobatik menyelam dari tebing tinggi.

Menyelam dari ketinggian tentu bukanlah hal yang mudah. Hanya segelintir orang yang mampu melakukannya. Tidak heran, jika cliff diving diangap sebagai cara menyelam yang paling berisiko.

Untuk itu, para penyelam harus bisa melakukan teknik akrobatik menyelam dengan sempurna. Tujuannya untuk meminimalisir risiko bahaya saat terjun. Dalam rangka berjaga-jaga dari bahaya, ditetapkan standar tertentu untuk melakukan cliff diving.

Standar yang dimaksud antara lain adalah menentukan batasan tinggi lompatan. Untuk laki-laki tinggi lompatannya antara 23 samai dengan 28 meter. Sementara itu, untuk wanita tinggi lompatannya antara 18 sampai dengan 23 meter.

Volcano Boarding

Mungkin sebagian besar orang masih asing dengan olahaga satu ini. Volcano boarding adalah olahraga berselancar yang dilakukan di gunung berapi. Olahraga ini biasa dilakukan di Nikaragua. Di Nikaragua terdapat sebuah gunung berapi aktif yang dijadikan sebagai tempat berselancar.

Volcano bording adalah olahraga meluncur dari ketinggian 2.3801 kaki menggunakan papan kayu. Papan kayu yang digunakan juga tidak sembarangan, tetapi telah dirancang khusus. Kecepatan maksimal meluncur adalah sekitar 50 mph.

Ketinggian meluncur tersebut menjadi salah satu tantangannya. Selain itu, Anda juga perlu waspada jika ada tanda-tanda gunung akan meletus. Hal ini disebabkan, sampai dengan saat ini gunung masih aktif, bahkan sudah meletus sampai dengan 20 kali.

Di samping itu, kemiringan tempat meluncur juga sangat curam. Kemiringannya mencapai 41 derajat. Untuk mencapai puncak gunung memerlukan waktu sekitar 45 menit. Namun bisa dipastikan untuk turun hanya memerlukan waktu sekitar 2-3 menit.

Nah, sekarang sudah tahu kan beragam olahraga ekstrem di dunia. Lalu, olahraga mana yang membuat Anda tertarik untuk mencobanya? Apapun olahraganya, pastikan kesiapan fisik dan mental dengan baik.

Demikianlah artikel singkat seputar macam macam olahraga ekstrem di dunia. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

Artikel Menarik Lainnya