10 Peluang Bisnis saat Liburan Sekolah yang Menggiurkan

Liburan merupakan hal yang paling ditunggu oleh semua orang, baik itu yang masih duduk di Taman Kanak-kanak, SD,SMP, SMA, bangku kuliah, atau bahkan orang yang sudah bekerja sekalipun. Banyaknya kegiatan dan rutitnas yang monoton membuat sebagian orang stres dan memaksa mereka untuk mencari sesuatu yang bisa dijadikan ajang pelepas penat seusai kegiatan yang banyak, menumpuk dan membosankan.

Sebagian besar atau bahkan hampir semua orang menginginkan liburan, baik itu liburan akhir pekan (weekend), atau liburan sekolah yang biasa di rasakan oleh anak sekolah, baik itu yang masih di bangku SD, sampai SMA. Tentunya bukan hanya liburan yang biasa-biasa saja, seperti tidak ada kerjaan dirumah sehingga membuat orang hanya berdiam diri saja tanpa ada aktivitas yang menarik.

Jika hal tersebut didiamkan, bisa jadi anak-anak akan melakukan sesuatu yang negatif dan jelas akan merugikan. Sebaliknya, anak harusnya melakukan sesuatu yang bermanfaat, dan tentunya bisa berkesan dihati anak tersebut, sehingga, pengalaman hidup mereka bsia bertambah. Seperti contohnya liburan ke museum. Hal tersebut sangatlah bermanfaat, disamping anak-anak bisa mendapatkan informasi, anak juga bisa tahu sejarah dan lain-lain.

Fungsi dari liburan sendiri sangatlah banyak, tapi yang utama adalah me-refresh lagi pikiran yang sudah banyak dipenuhi oleh kegiatan yang memakan banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Sehingga pikiran juga memerlukan suplemen dan liburan itulah yang menjadi salah satu suplemen otak, agar bisa terus bekerja dengan baik.

Hal inilah yang sebenarnya banyak dilirik oleh pengusaha yang kritis. Bisa membaca keinginan pasar dan selalu fleksibel akan apa yang terjadi pada konsumen. Pada waktu liburan sekolah, sangat banyak hal yang bisa dijadikan ladang bisnis, tentunya bisnis saat liburan sekolah tersebut bukan hanya menghibur, tapi juga ada unsur edukasi yang bisa dirasakan oleh anak-anak. Sehingga, konsumen bukan hanya senang, tapi juga mendapakan ilmu yang bisa mereka gunakan nantinya.

Peluang-peluang Bisnis Saat Liburan Sekolah

Banyaknya peluang  bisnis saat liburan sekolah yang bisa dikembangkan dan memberi keuntungan yang tidak terbatas untuk Anda, karena memiliki banyaknya  peminat, antara lain

1.    Bisnis Outbond

Bisnis ini bisa dipastikan akan selalu ramai, baik itu pada waktu liburan atau waktu biasa. Karena liburan ini tidak hanya mendapatkan kepuasan otak, tapi juga badan. Karena oleh raga ini bukan hanya membutuhkan fisik yang sehat tapi juga pikiran yang sehat. Kesolidan team work, atau kerja tim sangat dibutuhkan disini.

Selain itu banyak sekali pelajaran yang bisa diambil ketika Anda bermain olah raga outbond ini, entah itu untuk kejelian, ketanggapan dan lain sebagainya. Pada dasarnya anak-anak masih suka akan petualangan dan mencoba sesuatu yang baru dan disinilah olah raga outbond sangat memberikan peran langsung pada anak-anak, baik secara mental atau fisik sekalipun.

Hal yang tidak kalah penting jika Anda ingin mecoba bisnis ini adalah sebuah inovasi yang tidak pernah berhenti. Salah satunya contohnya adalah gratis untuk anak yang berprestasi disekolahnya, baik itu secara akademik, maupun non akademik. Hal ini memancaing banyak sekali pelajar untuk bisa mendapatkan tiket gratis dan hal itu juga akan memancing palajar untuk lebih bisa berprestasi agar bisa mendapatkan tiket gartis tersebut.

Selain itu keuntungan dari bisnis ini adalah begitu banyaknya minat dari masyarakat, tapi yang perlu diperhatikan juga  keamanan yang harus Anda jaga dalam bermain di tempat outbond.

a. Bisnis Jelajah Alam

Bisnis saat liburan sekolah ini juga sangat menggiurkan, karena apabila Anda mengemasnya dengan cukup baik, maka  yang akan  terarik untuk menjadi pelanggan Anda bukan hanya anak sekolah,  melainkan juga orang dewasa yang bisa  merupakan orang tua atau kerabat dari  pelanggan Anda.

Dan apabila Anda kreatif, maka banyak sekali cara untuk mengemas acara ini menjadi sebuah program yang menarik relatif mudah. Fungsi yang Anda perankan  pada dasarnya adalah menjadi guide untuk orang-orang yang belum pernaha menjelajahi alam disekitar tempat tinggal Anda.

Misalnya jika Anda bertempat tinggal di dekat gunung, Anda bisa menjadi salah satu orang yang guide yang tahu akan seluk beluk gunung tersebut dan menunjukkan berbagai macam sisi menarik dari gunung yang mereka kunjungi beserta cerita-cerita dan sejarah-sejarah yang berkaitan dengan gunung tersebut.

Karena usaha ini  tak hanya mengandalkan fisik, melainkan juga  pengatahuan Anda ketika menjelajahi hutan, salah satu hal  yang paling penting adalah pengatahuan mengenai medan atau lingkungan pada gunung yang menjadi tujuan Anda tersebut, karena  tidak lucu dong bila Anda mengajak wisatawan yang menjadi pelanggan menuju tempat yang Anda sendiri tidak menguasainya

Ha-hal menarik yang bisa diaplikasikan  kepada anak-anak agar acara ini semakin meriah dan menarik adalaah  dengan diselingi dengan berbagai macam permainan yang mendidik disela-sela penjelajahan alam tersebut. Jangan lupakan hal yang paling penting dalam bisnis ini adalah kenyamanan dan keamanan untuk semua pelanggan Anda.

b. Bisnis  Tempat Games

Salah satu alternatif bisnis  saat liburan sekolah lainnya adalah bisnis games yang bila Anda berhasil membuat dan mengemasnya dengan cara yang menarik, maka dipastikan akan sangat ramai saat  liburan sekolah tiba, karena anak-anak adalah masanya bermain, maka bisa jadi masa liburan sekolah mereka dijadikan waktu untuk bermain tanpa henti. Bisnis game ini sangat menjanjikan, karena walaupun tidak sedang liburan sekolah tempat game seperti ini akan selalu ramai, apalagi waktu liburan sekolah. Bisa  jadi akan membludak.

Yang diperlukan hanyalah TV, Playstation, dan tempat yang  nyaman. Tempat tersebut tidak harus besar, tapi cukup untuk duduk. Anda juga bisa tambahkan sofa agar tempat Anda terlihat istimewa tapi tetap dengan harga yang miring.

Anda juga bisa menyertakan berbagai macam hal yang bis menopang bisnis tersebut seperti misalnya menyediakan makanan dan minuman yang bisa disajikan dan dinikmati saat anak-anak begitu asyiknya memainkan berbagai macam permainan menarik di tempat Anda.
Anda juga bisa menciptakan promo yang menarik, misalnya dengan program diskon atau harga khusus bagi mereka yang mengajak teman-temannya atau paket harga khusus untuk jam-jam tertentu. Atau Anda juga bisa mengadakan even dan lomba ketangkasan bermain games dengan hadiah yang menarik bagi pemenang.

c. Bisnis Taman Bacaan

Bisnis  ini juga sangat menjanjikan, karena dari dulu sampai sekarang semakin banyak orang yang amat tertarik untuk membaca baik itu komik,novel, majalah atau hal-hal menarik lainnya. Bisnis taman bacaan selalu menjadi salah satu pilihan saat Anda ingin mencari dan mengembangkan bisnis saat liburan sekolah .

Bisnis ini amat  menarik bagi  pelanggan Anda Anda yang merupakan para pelajar  yang sedang mencari alat refresh dan penghilang kejenuhan mereka setelah menjalani  ujian yang cukup melelahkan. Bukan pada waktu liburan saja taman bacaan ini akan digandrungi banyak orang tapi waktu biasa juga banyak sekali pelajar yang mencoba mencari buku bacaan .

Agar taman bacaaan yang Anda kelola tampak menarik, Anda bisa membuat program-program yang bisa memancing minat pengunjung, seperti acara lomba story telling, mengadakan klub membaca, atau membuat acara-acara yang bisa melibatkan peran dan minat pengunjung lainnya.

2. Bisnis Kursus Kerajian Tangan

Bisnis ini juga tidak kalah menarik dan bisa menjadi bisnis saat liburan sekolah yang  inovatif dan lain daripada yang lain, hanya dengan  modal yang kecil Anda bisa mendapatkan penghasilan yang besar dari usaha ini. Anda hanya perlu mencari informasi tentang jenis kerajinan menarik mana yang kiranya digemari oleh banyak orang  (khususnya pelajar) dan mengemas kursus yang bisa membantu mereka untuk menguasai.
Apabila Anda sudah mengetahui kerajinan mana yang kiranya menarik untuk dikemas menjadi kursus, maka Anda bisa membuka kursus kerajinan tangan  dengan biaya yang terjangkau.

Menariknya adalah, Anda akan menemukan banyak pilihan dan ide tentang kursus mana yang ingin Anda kemas menjadi kursus yang menarik dan bermanfaat baik untuk mengasah skill ataupun untuk berbisnis.

Selain menghasilkan keuntungan yang besar bagi Anda, pada dasarnya bisnis ini memiliki manfaat yang sangatlah besar untuk anak-anak Indonesia, karena  disamping melatih kreatifitas anak-anak itu sendiri, bisnis ini bisa membentuk mental wirausaha dari anak anak itu, sehingga nantinya dia bisa mandiri dan berdikari.

a. Bisnis Kursus Tataboga

Setalah penat dengan ujian yang dihadapi tidak ada salahnya anak mendapatkan hiburan yang bermafaat, contohnya adalah kursus memasak. Alternatif Bisnis saat liburan sekolah yang satu ini belakangan sangat digemari, terlebih lagi dengan populernya acara-acara memasak dan kuliner di berbagai stasiun tv di Indonesia .

Untuk menjalankan bisnis ini Anda bisa mengemas dapur Anda sebagai laboratorium bagai para peserta kursus yang ingin  mencoba  belajar memasak. Menu yang diberikan juga tidak harus mewah, tapi yang anak-anak sukai,  misalnya sosis,spageti,mie bakso atau makanan lainnya,
Tapi tentu saja Anda bisa menunjukan pada mereka bahwa dari bahan yang sederhana mereka  bisa melakukan berbagai macam  kreasi yang menarik dan menyulapnya menjadi makanan yang lezat.

Tentu saja Anda juga harus bisa mengemas kursus tersebut sehingga cocok dan menarik dan membuat peserta  senang dan bisa terus mengembangkan hobi memasaknya tersebut, dan hal yang tidak kalah penting adalah keamanan anak-anak itu sendri harus dijaga dan dijamin aman karena Anda mengajarkan mereka menggunakan peralatan yang meskipun aman namun bisa menimbulkan dampak yang tidak menyenangkan bila tidak digunakan dengan cara yang benar seperti kompor atau pisau.

3. Bisnis Penyewaan Sepeda

Saat ini sudah tren penggunaan sepeda tampaknya sudah kembali mulai marak dan  ramai untuk dibicarakn. Bahkan sudah banyak orang yang memilih sepeda sebagai kendaraan untuk pergi ke kantor atau sekolah.

Besarnya minat orang untuk menggunakan sepeda membuat bisnis ini bisa pula dijadikan sebagai pilihan bisnis saat liburan sekolah dengan mencoba bisnis penyewaan sepeda untuk pelajar.

Banyak anak sekolah yang tidak ingin hanya ingin berdiam dirumah tanpa ada pekerjaan atau aktivitas menarik dan karena itulah maka bisnis penyewaan sepeda bisa dijadikan salah satu bisnis yang menjadi solusi bagi pelajar yang tidak hanya ingin berdiam diri dirumah semasa liburan.

Agar bisnis ini menarik dan inovatif, maka Anda bisa mengemas penyewaaan sepeda sedemikian rupa sehingga  bisa menyajikan sebuah bisnis penyewaan sepeda yang  sepaket dengan petualangan yang tidak terlupakan oleh pelanggan Anda sehingga tentu saja memastikan bisnis ini tidak mengalami kejenuhan. Misalnya saja Anda bisa menyajikan paket jelajah alam dengan sepeda gunung, paket keliling kota atau tempat-tempat bersejarah, atau paket-paket wisata sepeda lainnya.

4. Bisnis Kursus Musik

Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar, dan bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang suka musik dan  ingin bisa  memainkan salah satu alat atau beberapa alat musik, baik itu  gitar ,keyboard., drum dan lain sebagainya. Percayalah bisnis ini bisa dijadikan salah satu alternatif bisnis saat liburan sekolah  karena pada masa liburan sekolah, banyak sekali pelajar yang sangat tertarik mengetahui ada tempat dimana mereka bisa memperoleh hiburan sekaligus pengetahuan.

Tapi perlu dingat bahwa Anda harus memiliki metode kursus sehingga  peserta Anda bisa menguasai music dengan baik dan tidak cepat merasa jenuh dan menyerah saat mengalami kesulitan.

5. Bisnis Cemilan

Belakangan ini kita banyak menemukan cemilan dengan banyak bahan dasar, bahkan beberapa diantaranya diklai menyehatkan untuk dikonsumsi.  Semakin maraknya cemilan yang diproduksi menunjukan bahwa bisnis ini bisa dikatakan amat prospektif dan cukup prospektif untuk dijadikan bisnis saat liburan sekolah.

Apabila Anda berhasil mengemas bisnis ini dan melakukan program promo yang tepat, maka bisa dipastikan Anda akan memperoleh keuntungan yang sangat besar karena banyaknya peminat bisnis ini.

6. Bisnis Mainan

Bisnin ini juga bisa dikatakan tidak akan pernah sepi, karena mainan merupakan kebutuhan yang bisa digarap bila kita berbicara tentang bisnis saat liburan sekolah.

Anda bisa menyesuaikan  modal dengan  bisnis mainan mana yang ingin Anda garap. Apabila Anda memiliki modal yang besar Anda bisa  menggarap mainan yang modern atau menjual mainan yang jadi, tapi jika dana Anda sangat minin, Anda bisa  menjual mainan tradisional atau bahkan menggunakan  kreatifitas yang Anda punya untuk menciptakan  mainan yang menarik. Misalnya saja menciptakan beraneka mainan dari bambu ,kayu, atau bahkan dari barang rongsokan.

Jangan salah lho, mungkin sebagian orang orang menganggap bahwa mainan-mainan tradisional sudah dipAndang   sangatlah ketinggalan zaman, tapi  percayalah bahwa masih banyak  pelajar yang justru  mencari mainan tradisional tersebut baik untuk dimainkan atau dikoleksi.  Oleh karenanya tidak ada salahnya Anda mencoba bisnis ini.

Dari pemaparan tentang bisnis-bisnis yang tepat untuk dijadikan bisnis saat liburan sekolah maka kini Anda semakin menyadari bukan bahwa bnayk sekali pilihan dan  altenatif bisnis yang bisa Anda kelola. Selamat mencoba , semoga sukses dan tetap semangat.

Artikel Menarik Lainnya