Rahasia Fenomena Usaha Cemilan Pedas

Cemilan pedas, atau cemilan manis sekalipun makanan ini tetap masuk dalam kategori makanan ringan atau yang biasa kita panggil dengan cemilan. Semua suka cemilan, baik itu tua, muda, laki-laki, perempuan, anak-anak, dewasa semua suka cemilan ini.

Banyak sekali model dan macam cemilan dan tentunya dengan bentuk yang bermacam-macam pula, entah itu yang hanya berbentuk segitiga, kotak, bahkan ada yang berbentuk bintang sekalipun. Itu semua dengan satu tujuan yaitu menarik minat konsumen.

Banyak cara untuk menikmati cemilan, entah itu sedang dalam perjalanan, atau sedang menonton film kesayangan anda, bahkan anda sedang melamun pun aktifitas memakan cemilan ini bisa dilakukan.

Atau ketika anda sedang berkumpul dengan teman-teman dekat anda yang membuat suasana semakin akrab jika sudah ada cemilan di tambah obrolan yang menarik. Nampaknya cemilan bisa jadi teman untuk semua orang dengan segala kondisi dan waktu.

Salah satu yang sedang hits sekarang ini di semua kalangan, baik itu kalngan muda atau tua adalah cemilan pedas. Cemilan ini nampaknya menjadi sesuatu yang baru dan langsung digandrungi oleh banyak orang, apalagi mereka yang sangat suka akan cemilan yang pedas, juga berbagai tantangnnya.

Tantangan yang dimaksud adalah level dari kepedasan cemilan tersebut, entah itu cemilan yang terbuat dari singkong, atau yang terbuat dari jagung, atau bahkan yang terbuat dari kulit sekalipun.

Semuanya punya tingkatan dalam memanjakan konsumennya yang hanya suka pada pedas, yang suka sekali pedas dan yang sangat suka sekali pedas. Tentunya dengan tingkatan pedas yang berbeda-beda pula.

Inilah kenapa cemilan pedas menjadi hits dan banyak dicari saat ini, bahkan yang sebelumnya tidak terlalu suka pedas, sekarang sudah mulai mencoba cemilan pedas tersebut dan menjadikannya cemilan sehari-hari.

Hal lain yang membuat cemilan ini hits adalah terobosan baru yang dipakai oleh pembuatnya, yaitu adanya tingkat kepedasan tersendiri bagi para konsumennya.

Dan tidak tanggung-tanggung, ada level pedas yang sampai pada level 9, yang pasti anda sendiri yang bisa membayangkan bagaimana pedasnya cemilan ini. Tapi tetap saja masih banyak konsumen setianya.

Contoh-contoh Cemilan Pedas

Cemilan pedas ini sangat banyak sekali bentuk dan macamnya, bukan hanya yang berbentuk krupuk tapi lebih dari itu masih banyak lagi macamnya. Berikut contoh-contoh cemilan pedas yang bisa anda jadikan ladang bisnis yang menggiurkan:

1.    Kripik Singkong Hot

Dengan bahan utama hanya singkong yang murah meriah, anda bisa membuat cemilan ini bisa kembali kepada anda dalam bentuk uang yang lebih banyak dari yang anda keluarkan sewaktu membuatnya. Yang jelas keuntungan sudah sangat dekat kepada anda.

2.    Bareng (Baso Goreng)

Bahan utamanya sudah jelas yaitu baso, dengan cara di goreng sampai crispy, setelah itu, anda bisa tambahkan beberapa bumbu pedas yang bervariasi, entah itu pedas asam manis dengan menambahkan beberapa bumbu atau variasi lainnya. Yang penting bisa menggugah selera orang yang meilhat makanan anda.

3.    Kerupuk kulit

Cemilan ini juga tidak kalah enak dengan cemilan yang lain. Dengan bahan utama kulit sapi, anda bisa membuat krupuk dengan tambahan bumbu pedas yang bisa bertahan lama dengan cita rasa yang menggiurkan. Olahan ini memberikan rasa gurih pedas dengan crispy yang melangkapi.

4.    Kentang goreng

Kentang bukan hanya dijadikan sebagai pengganti nasi bagi penderita diabetes, tapi juga bisa dijadikan cemilan yang bisa mengisi waktu luang anda.

Dengan bahan utama kentang biasa, anda bisa memotongnya kecil-kecil, dan menggorengnya sampai garing, setelah itu anda bisa tiriskan dan campur dengan bumbu-bumbu yang beraneka rasa, entah itu rasa jagung pedas, dan rasa lainnya. Yang jelas tidak meninggalkan rasa pedas yang menjadi ciri tersendiri produk anda tersebut.

5.    Nice Mushroom

Jelas, bahan utama dari cemilan ini adalah jamur, tentunya jamur yang aman untuk dikonsumsi oleh siapapun. Anda bisa menggorengnya dengan menggunakan terung sehingga tercipa Mushroom Crispy yang menjadi cita rasa masakan anda yaitu rasa pedas yang anda berikan pada jamur tersebut, dan bisa membuat rasanya pedas baik dari rasa atau aroma.

Caranya juga sangat mudah, anda cukup mencampurkan dengan tepung terigu, setelah itu anda bisa goreng sampai kering dan tambahkan tingkatan pedas yang anda mau.

Hal Yang di Butuhkan

Untuk membuat semua masakan terbut dan menjadikannya sebuah bisnis yang menjanjikan dan memberikan  omset besar, anda memerlukan beberapa hal yang harus di siapkan agar makanan anda bisa di terima dan dikenal oleh semua orang, lebih jauh lagi produk anda bisa dijadikan sebagai cemilan yang dicari setiap waktu. Dan berikut beberapa hal yang bisa anda siapkan:

•    Dapur

Anda bisa juga membuat dapur anda sebagai laboratorium untuk percobaan memasak anda dan harus mempunyai target sampai kapan cemilan anda akan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Dapur ini tidak harus dapur khusus, bahkan ruangan apapun bisa dijadikan dapur asalkan bisa muat untuk alat-alat yang butuhkan selama memasak.

•    Peralatan memasak

Peralatan masak ini boleh sederhana tapi memang layak untuk bisa dijadikan teman anda selama memasak. Peralatan yang biasa dipakai untuk membuat cemilan ini adalah, wajan dengan ukuran sedang, kompor biasa atau kompor gas, panci, dan berbagai alat lainnya yang mendukung masakan anda menjadi lebih enak dan bisa dinikmati oleh banyak orang.

•    Minyak goreng

Minyak goreng yang anda gunakan usahakan tidak berkali-kali dipakai karena ada juga konsumen yang melihat ketelitian anda sewaktu memasak dan banyak juga konsumen yang walalupun suka sekali dengan jajanan atau cemilan, tapi selalu menjaga kesehatannya. Maka dari itu minyak yang gunakan jangan sampai dipakai berkali-kali.

•    Bahan makanan

Hal ini adalah bahan utama dari yang lainnya karena tanpa bahan-bahan ini, anda tidak bisa memasakan apapun. Bahan tersebut adalah bahan dasar yang akan anda jadikan sebagai masakan yang nantinya menjadi cemilan yang enak  dan aman untuk dikonsumsi oleh siapapun.

Promosi

Setelah anda membuat sebuah cemilan pedas yang menggugah selera, anda tinggal mencari kosnumen anda. Tapi anda tidak usah takut karena hampir semua orang menyukai jajanan pedas.

Dan hal itu menjadi fenomena saat ini. Hal tersebutlah yang bisa anda manfaatkan sebagai ladang anda untuk berbisnis. Setelah anda mendapatkan pelanggan, anda jangan sampai berhenti begitu saja hanya karena sudah banyak yang beli disekitar rumah anda.

Kembangkan bisnis anda menjadi lebih luas lagi dengan  cara melakukan berbagi promosi. Inilah hal yang membuat produk anda bisa dikenal anda bisa lebih memperbanyak pelanggan anda.

Berikut adalah beberapa cara promosi yang bisa anda pakai untuk mengembangkan bisnis camilan pedas anda menjadi semakin maju dan terkenal di banyak kalangan:

  • Media sosial

Media ini sudah banyak sekali dipakai utnuk dijadikan sebagai sarana promosi atau memperkenalkan produk anda yaitu berupa makanan kecil atau cemilan tersebut.

Anda bisa promosikan hal tersebut memakai akun anda sendiri dan berpromosi di grup faceebook yang anda ikuti misalnya, atau dengan akun bisnis anda.

Misalnya jika anda menjual jamur crispy, anda bisa membuat akun sendiri dengan nama Mushroom Hot atau lain sebagainya dan anda bisa menambahkan beberapa orang untuk menjadi teman anda yang berpotensi membeli produk anda tersebut.

Atau jika anda lebih condong ke twitter, anda bisa follow beberapa akun yang memberikan iklan gratis dan hanya mention akun bisnis tersebut anda bisa berpomosi dengan gratis.

  • Bekerjasama dengan café atau rumah makan

Anda bisa juga bekerjasama dengan memajangan produk anda tersebut di café atau rumah makan yang mempunyai banyak pelanggan dan anda bisa tambahkan beberapa brosur yang bisa dijadikan pegangan oleh konsumen jika sewaktu-waktu ingin membeli produk anda, dan masih banyak lagi segudang cara promosi yang menarik.
Inovasi
Inovasi ini bisa bermacam-macam:

  • Delivery, yaitu dengan cara mengirimkan pesanan dan orang-orang tidak harus datang ke toko atau kerumah anda untuk mendapatkan produk tersebut.
  • Beberpa diskon untuk reseller, maksudnya adalah anda bisa membuat beberapa diskon yang bisa anda tawarkan untuk orang yang ingin menjual barang anda tersebut. Atau memberikan beberapa bonus.
  • Gratis beberapa item jika membeli cemilan anda dengan jumlah tertentu.

Motivasi

Dunia bisnis berlaku ketentuan siapa yang cepat dia dapat, bukan siap yang pintar dia sukses, karena yang pertama kali akan mendapatkan respon lebih walaupun ada yang menyamai dan lebih baik dari produk anda tersebut yang notabennya adalah perdana.

Maka mulailah langsung dan jangan menunda lagi karena kesuksesan tidak akan menunggu anda, tapi anda yang mengejarnya. Selamat mencoba dan selamt menjadi orang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *