Efek Memberi Lebih Terhadap Kesuksesan

Mungkin banyak di antara Anda yang masih asing dengan olah raga bisbol, memang olah raga ini masih jauh kalah populer dibandingkan sepakbola atau basket. Namun jangan kawatir, artikel ini tidak akan secara panjang lebar berbicara mengenai olah raga ini, melainkan membahas  tentang hasil penelitian penuh hikmah efek memberi lebih berkaitan dengan olahraga yang banyak digemari  di negeri Paman Sam ini.

Perlu anda ketahui bahwa dalam penelitian mengenai olahraga bisbosl profesional, ditemukan angka statistik yang menarik dan mencengangkan. Penelitian tersebut mengungkap bahwa kebanyakan pemain memiliki pukulan rata-rata 0,25 atau dengan kata lain mereka berhasil memukul satu kali dalam 4 kali percobaan pukulan, artinya dalam 12 kali percobaan pukulan, rata-rata mereka hanya berhasil memukul bola sebanyak 3 kali.

Menariknya, saat penelitian ini diarahkan pada para bintang olah raga bisbol, ternyata pemain yang  tergolong hebat dan bergaji tinggi dalam permainan bisbol memiliki rata-rata pukulan 0,3. Bila kita paparkan secara rinci, maka sebenarnya perbedaan antara pemain medioker dan pemain hebat bergaji tinggi dalam olah raga bisbol profesional cukup tipis.

Kelompok kecil pemain hebat yang diteliti berhasil memukul tiga kali dari sepuluh kali percobaan atau lima kali berhasil memukul bola dari 20 kali percobaan atau selisih satu bola setiap dua puluh pukulan, karena untuk pemain kebanyakan, rata-rata mereka mampu memukul 4 kali dari 20 kali percobaan.

Dan perlu anda ketahui bahwa dalam satu musim kompetisi, biasanya hanya 12  pemain yang bisa mencapai rata-rata 0,3 pukulan dari ribuan pemain bisbol profesional, dan 12 pemain ini mendapatkan gaji yang jauh lebih besar dibandingkan ribuan pemain lain hanya karena perbedaan 1 pukulan bola.

Penelitian ini membuktikan bahwa sebenarnya hanya dibutuhkan sedikit usaha ekstra atau sedikit kemauan dan tekad untuk memberi lebih  untuk menjadi seorang pemain bisbol top. Lalu bagaimana kaitan penelitian ini dengan bisnis atau usaha? Ternyata hikmah dari penelitian ini bisa pula diterapkan dalam merancang dan merencanakan strategi bisnis, terutama untuk bisa memenangkan kompetisi dengan para pesaing demi meraih hati pelanggan. Karena dalam bisnis pun, sedikit keunggulan atau selisih kelebihan layanan atau produk anda dibanding para pesaing ternyata memiliki efek yang dasyat terhadap kepuasan pelanggan terhadap perusahaan. Inilah yang kemudian disebut sebagai ffek memberi lebih.

Pelanggan Menginginkan Perusahaan Memberi Lebih

Sebagai pengusaha anda seharusnya menyadari dan tidak terjebak pada rutinitas pekerjaan sehingga melupakan keinginan para pelanggan anda untuk menuntut  perusahaan anda untuk memberi lebih. Ada beberapa hal yang menyebabkan pelanggan menginginkan perusahaan memberi lebih, antara lain:

1.  Kebiasaan Membanding-bandingkan

Kebiasaan yang  telah mendarah daging dan menjadi ciri khas dari manusia adalah melakukan perbandingan. Saat perusahaan anda menjual produk tertentu pada pelanggan, maka secara otomatis perusahaan anda akan diperbandingkan dengan perusahaan kompetitor yang menjual produk yang sejenis.

Seharusnya kebiasaan ini memacu  perusahaan anda  untuk bisa  menjanjikan dan memberi lebih pada pelanggan sehingga mereka memiliki alasan untuk memilih produk dan jasa yang anda tawarkan dibandingkan perusahaan lain.

2. Yang Beda yang Menonjol

Penelitian tentang perbedaan kecil yang terdapat pemain bisbol yang bergaji mahal dengan yang bergaji standar seharusnya menjadi acuan bagi perusahaan untuk bisa tampil dalam nuansa yang berbeda dan bernilai lebih dihadapan pelanggan.

Saat perusahaan anda memiliki strategi dan metode untuk memberi lebih pada pelanggan,  sekecil apapun nilai lebih yang ditawarkan oleh perusahaan ternyata berpengaruh sangat signifikan terhadap elektifitas perusahaan anda dibanding pesaing. Hal ini dikarenakan pelanggan cenderung memperhatikan detail saat membanding-bandingkan dan tentu saja hal yang  menjadi fokus perhatian adalah kelebihan apa yang terdapat pada satu produk dibanding produk lain atau satu perusahaan dibanding perusahaan yang lain.

3.  Pelanggan pun Bersedia Memberi Lebih

Sebagaimana seorang pemain bisbol yang memiliki “sedikit kelebihan” dibanding rata-rata pemain lain memperoleh penghasilan yang jauh lebih besar, begitupun yang terjadi bila perusahaan anda berhasil merancang strategi untuk bisa memberi lebih pada pelanggan Anda.

Pelanggan ternyata tidak hanya gemar menuntut, mereka ternyata bersedia memberi lebih atau merogoh kocek lebih dalam  hanya untuk memperoleh   produk dan jasa yang memiliki  “value add” dibandingkan perusahaan lain. Bahkan seringkali, anda bisa menyaksikan  “value add” yang tampak sederhana mampu melejitkan nilai jual produk dan jasa sebuah perusahaan dibandingkan perusahaan lain.

Bagi banyak pelanggan, perusahaan yang berhasil memberi lebih untuk setiap produk dan jasa yang mereka jual layak pula mendapat penghargaan yang lebih sebagai kompensasi atas kepuasan yang mereka rasakan saat mengkonsumsi atau membeli produk dan jasa tersebut.

Tips dan Trik Memberi Lebih

Pada intinya, untuk bisa memperoleh lebih maka anda pun harus memberi lebih, inilah hukum alam yang terjadi pada siapapun baik dalam karir,kehidupan ataupun dalam berbisnis. Untuk bisa bertahan pada posisi yang unggul dalam kompetensi yang semakin ketat ini, maka anda pun harus benar-benar bisa  mengasah otak dan meracik strategi dan metode yang bisa membuat bisnis anda memiliki nilai lebih / value add dibandingkan perusahaan pesaing.

Berikut tips dan trik bagi anda yang ingin bisnis anda bisa memberi lebih pada pelanggan dan masyarakat :

  • Inovasi produk atau pelayanan,  apabila Anda ingin memberi lebih, maka semua dimulai dari bagaimana anda membuat inovasi terhadap produk dan jasa anda, sekecil apapun inovasi yang anda buat, bisa jadi hal tersebut sangat  bermakna bagi pelanggan. Anda bisa berinovasi dengan produk anda misalnya saja anda menjual produk makanan dengan rasa dan resep yang berbeda dibanding pesaing atau mungkin produk makanan anda sama sekali tidak berbeda namun disajikan dengan pelayanan yang eksklusif atau istimewa.
  • Promosikan yang ingin anda beri, apabila anda sudah yakin dengan nilai lebih yang membedakan anda dengan pesaing, maka hindari bersikap malu-malu dalam melakukan promosi. Banyak perusahaan yang sebenarnya memiliki nilai lebih dibanding pesaing namun sama sekali tidak mempromosikan kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut sehingga masyarakat atau pelanggan sama sekali tidak meliriknya atau  kejadian terburuk adalah value add tersebut kemudian di klaim oleh perusahaan lain.
  • Berikan kejutan di hari istimewa, hari raya, liburan sekolah, atau cuti bersama merupakan saat yang tepat bagi anda untuk bisa memberi lebih dan memberikan kejutan bagi siapapun yang ingin membeli produk dan jasa anda. Misalnya saja anda memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang berulang tahun atau yang merayakan hari pernikahan atau memberikan solvenir sesuai dengan tema liburan atau hari raya bagi siapa saja yang memberi produk anda.
  • Kemasan yang menarik. Jangan meremehkan kemasan saat menyajikan produk anda pada pelanggan. Anda bisa menggunakan kemasan menarik dan istimewa sebagai  bagian dari strategi untuk memberi lebih pada pelanggan anda. Jangan salah, kemasan yang unik  bisa menjadi daya tarik yang mampu menyisihkan kompetitor dalam persaingan memperebutkan pelanggan.
  • Memasarkan nilai atau karakter perusahaan. Apabila perusahaan anda memiliki nilai unik atau karakter mulia  yang dianut dalam memasarkan produk maka  anda bisa memanfaatkan dan menjadikannya sebagai strategi untuk memberi lebih pada pelanggan. Misalnya saja perusahaan anda hanya menjual produk sehat atau ramah lingkungan atau tidak menerima produk yang diolah dengan cara-cara yang  tidak etis. Atau mungkin perusahaan anda selalu mendukung program penghijauan dengan menjadi sponsor atau membuat event yang berhubungan dengan gerakan mulia ini.
  • Point reward, anda bisa membuat program khusus untuk pelanggan setia anda, misalnya dengan menciptakan kartu anggota dan point reward  yang memungkinkan pelanggan mendapatkan solvenir, cashback, hadiah langsung bila mereka membeli produk dengan kuantitas tertentu. Program ini ditujukan untuk memberikan penghargaan khusus bagi pelanggan setia sekaligus membujuk dan merayu mereka untuk tetap setia memakai produk perusahaan anda dan tidak beralih ke produk pesaing.
  • Update, selalulah mengupdate atau memperbarui nilai lebih yang anda tawarkan pada pelanggan anda  yang selain menghindari pelanggan anda dari kebosanan, anda pun harus ingat bahwa pesaing anda selalu berusaha mencari cara untuk membuat program-program menarik yang ditujukan untuk menjadi bagian strategi mereka untuk memberi lebih dan merebut hati pelanggan yang anda cintai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *