Memilih Ide Bisnis di Area Pendidikan

Pesatnya kemajuan dunia pendidikan, selain menjadi ladang bisnis tersendiri ternyata juga menumbuhkan sejumlah sektor ladang bisnis lainnya, khususnya untuk berbisnis di area kampus (baik itu di lingkungan sekolah ataupun perguruan tinggi). Bila berhasil dicari celahnya, bisnis di area pendidikan bisa menambah tebal kocek Anda.

Hal ini lantaran pelajar atau mahasiswa memiliki banyak kebutuhan yang terkait dengan kegiatan keilmuan yang mereka lakukan. Mulai dari kebutuhan pangan, dan sandang. Hingga kebutuhan papan alias tempat tinggal untuk pelajar atau mahasiswa yang rumahnya jauh dari lokasi tempat menimba ilmu.

Berikut kami sajikan sejumlah ide bisnis di area pendidikan, baik itu di kampus atau sekolah yang bisa Anda pilih sebagai ikhtiar menjemput rejeki dari Sang Maha Kaya.

1. Bila rumah Anda berada di sekitar area pendidikan, dan ada kamar kosong. Ada baiknya Anda membuka kost-kostan. Selain mendatangkan rupiah, ide bisnis di area kampus dengan cara menyewakan kamar untuk kost, bisa membuka celah bisnis lainnya.

Di antaranya bisnis katering atau laundry kiloan murah meriah yang biasanya sangat diminati oleh anak kost yang menyewa kamar milik Anda.

2. Selain kost, ide bisnis di area pendidikan lainnya yang memungkinkan untuk diwujudkan adalah membuka warnet yang dilengkapi dengan jasa pengetikan, atau pengeprint-an naskah tugas.

Hal ini lantaran tak semua pelajar, atau mahasiswa memiliki laptop, modem serta printer. Sementara tugas sekolah dan kuliah harus dicetak dengan menggunakan printer.

3. Selain dua ide di atas, ide bisnis di area pendidikan lainnya yang bisa diwujudkan adalah membuka warung makan. Pelajar atau mahasiswa, layaknya manusia lain membutuhkan makanan. Sayangnya, tak semua pelajar atau mahasiswa tinggal bersama orangtua sehingga tak bisa menggantungkan kebutuhan makanan kepada orangtua.

Sementara itu, untuk memasak selain tak sempat, sejumlah pelajar dan mahasiswa rata-rata belum bisa memasak sendiri. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan makannya mereka membutuhkan jasa warung makan.

Bahkan bila Anda tak memiliki tempat yang cukup lebar untuk membuka usaha warung makan, Anda tinggal membeli gerobak dan menjual makanan ringan di sekitar sekolah atau kampus. Atau sekedar membuatnya di rumah, kemudian menjajakannya dengan cara berkeliling dari satu tempat kost ke tempat kost lain atau di seputaran sekolah dan kampus.

4. Membuka jasa fotokopi juga merupakan ide bisnis di area pendidikan yang cemerlang. Soalnya tak hanya mahasiswa dan pelajar yang menjadi sasaran, karena jasa fotokopi juga dibutuhkan oleh petugas administrasi sekolah dan kampus yang kerap membuat salinan dokumen. Tak hanya fotokopi dokumen, jasa fotokopi juga bisa meraup keuntungan dari pelayanan penjilidan dokumen, penjualan alat tulis kantor (atk), serta laminating yang layanannya diintegrasikan dengan layanan fotokopi.

5. Usaha laundry kiloan juga bisa menjadi alternatif ide bisnis di area pendidikan yang layak dipertimbangkan. Hanya dengan modal mesin cuci, mesin pengering, detergent serta pewangi Anda siap memulai usaha. Untuk lokasi gunakan saja rumah Anda. Tempeli dengan spanduk bertuliskan “menyediakan jasa laundry kiloan dengan harga murah”. Bahkan jika Anda tak memiliki mesin cuci, atau mesin pengering. Selama Anda memiliki tangan, maka Anda bisa mewujudkan ide bisnis di lingkungan pendidikan yang serupa yaitu jasa langganan mencuci. Namun berbeda dengan laundry kiloan, jasa langganan mencuci biasanya dibayar per minggu atau per bulan tergantung kesepakatan Anda dengan konsumen.

6. Ide bisnis di area pendidikan lainnya adalah membuka toko sAndang. Salah satu toko sAndang yang biasanya lekat dengan pelajar dan mahasiswa adalah distro (distribution store). Di tempat ini, berbagai kaos dengan cetakan dan model terbatas di jajakan. Maklum, walaupun suka dengan barang berharga murah, tetapi pelajar dan mahasiswa biasanya tak mau bila barang tersebut pasaran alias banyak yang memakai.

7. Usaha warung internet (warnet) juga menjadi ide bisnis di lingkungan pendidikan yang bisa Anda pilih. Alasannya lantaran kalangan pelajar dan mahasiswa adalah konsumen terbesar internet di Indonesia.

Tak hanya untuk mencari bahan tugas sekolah atau kuliah, internet juga dimanfaatkan kaum muda untuk bersosialisasi misalnya melalui media sosial facebook, twitter, atau berbagai milis. Bahkan, bila liburan tiba, sejumlah pelajar dan mahasiswa kerap menyambangi warnet untuk bermain game online.

8. Ide bisnis di area pendidikan lainnya adalah jasa pindahan. Sifat kaum muda yang mudah bosan, atau menyesuaikan dengan kondisi keuangan orangtua membuat sejumlah pelajar dan mahasiswa terpaksa berpindah-pindah tempat tinggal. Namun proses mengangkut barang serta packing yang merepotkan kerap jadi hambatan. Kerepotan ini yang bisa dimanfaatkan sebagai ide bisnis di area pendidikan yang menghasilkan keuntungan lumayan.

9.Kemudian, ide bisnis di area pendidikan yang patut dicoba adalah dengan menjadi penjual pulsa. Telepon selular adalah barang elektronik yang tak bisa dipisahkan dari remaja seperti pelajar dan mahasiswa. Dalam sehari saja, rata-rata pelajar menghabiskan Rp 5000 untuk membeli pulsa.

Apalagi, saat ini sedang demam telepon pintar yang membutuhkan tambahan pulsa bila ingin mengaktifkan fitur-fiturnya. Inilah kesempatan bagi Anda yang sedang berfikir untuk membuka usaha. Lantaran usaha penjualan pulsa tak membutuhkan banyak peralatan.

Cukup satu buah telepon selular dengan multi chip yang bisa diisi dengan berbagai pulsa yang diminati pelajar. Tips untuk yang hendak mewujudkan ide bisnis di lingkungan pendidikan  dengan menjual pulsa. Sediakanlah nominal pulsa yang kecil-kecil saja karena keuntungannya lebih besar. Hal ini lantaran selisih antara pembelian kita kepada agen dengan nilai jual kepada konsumen besar.

Sebagai gambaran pulsa nominal Rp 5 ribu bisa dibeli kepada agen pulsa dengan harga Rp 4500 bahkan Rp 4 ribu. Sementara harga jualnya ke konsumen Rp 6 sampai Rp 7 ribu. Selain itu, modal Anda dipastikan cepat berputar lantaran remaja biasanya lebih suka membeli pulsa nominal kecil karena cocok dengan kondisi kantung mereka.

Selain usaha penjualan pulsa, Anda juga bisa sekaligus melaksanakan usaha reparasi telepon selular serta penjualan alat pendukung telepon selular diantaranya headset, bluetooth, hingga charger. Untuk reparasi telepon selular, tentunya Anda harus menguasai ilmunya terlebih dahulu.

10. Ide bisnis di area pendidikan lainnya yang layak dicoba adalah jasa pembantu rumah tangga. Kebanyakan anak kost yang masih pelajar atau mahasiswa terutama yang sekolah di sekolah mahal biasanya malas membereskan rumah. Oleh karena itu, membutuhkan pembantu untuk mengerjakan berbagai pekerjaan rumah.

Mulai dari menyapu, mengepel, hingga mencuci piring. Dengan adanya pembantu, anak-anak kost bisa konsentrasi belajar. Lantaran satu rumah kost biasanya diisi oleh beberapa orang sekaligus, maka uang untuk membayar jasa pembantu biasanya dilakukan dengan cara iuran.

purchase discount medication! buy prozac ( fluoxetine ) online uk from eu licensed pharmacy. brand prozac, 48 hrs. delivery and no prescription required. purchase prozac now! doxycycline monohydrate treat acne doxycycline hyclate sunlight buy doxycycline buy fucidin buy estrace (estradiol) without prescription purchase prescription medications online. estrace (estradiol) 2 mg , 1 mg sale price purchasing drugs online. buy dapoxetine online pharmacy . instant shipping, buy generic dapoxetine uk. Tips Agar Ide Bisnis Di Area Pendidikan Bisa Menghasilkan Keuntungan clomid 8-12 cheap clomid

Agar bisnis di area pendidikan berjalan dengan baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut kami berikan sejumlah tips, agar ide bisnis di lingkungan pendidikan yang hendak Anda wujudkan bisa berjalan lancar :

1. Lantaran keuangan pelajar dan mahasiswa yang terbatas, Anda yang hendak mewujudkan ide bisnis di area pendidikan harus menyadari satu hal utama yaitu harga yang murah meriah. Soal harga ini penting untuk menjaga kestabilan perputaran roda bisnis Anda. Soalnya bila harga yang ditawarkan mahal, biasanya kurang diminati oleh mahasiswa dan pelajar.

2. Tak hanya itu, ikatlah konsumen Anda dengan berbagai paket diskon atau bonus. Misalnya, untuk Anda yang mau mewujudkan ide bisnis di area pendidikan dengan membuka warnet, berikan bonus internet selama satu jam gratis, bagi yang mengambil paket internet 3 jam. Atau, berikan compliment, seperti minuman dingin bagi konsumen yang main game dari pukul 01.00 hingga pukul 05.00 WIB.

3. Kenali konsumen Anda baik-baik. Bila perlu catat kesukaannya. Tips ini berguna bagi Anda yang hendak mewujudkan ide bisnis di area pendidikan dengan cara berjualan makanan. Misalnya si A suka sekali mie goreng dengan tambahan potongan cabe rawit. Maka berikanlah kesukaannya setiap kali ia memesan mie goreng. Atau berikan tambahan satu atau dua gorengan yang Anda jual kepada si B lantaran si B hampir setiap hari membeli barang dagangan Anda.

Jadi tunggu apa lagi, segera coba salah satu dari sepuluh ide bisnis di area pendidikan, dan dapatkan keuntungan yang menggiurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *