Tips Mengelola Keuangan dalam Bisnis

Lika-liku Mengelola Keuangan dalam Bisnis

Menghemat keuangan untuk membatasi pengeluaran dan mengelola  keuangan dalam bisnis merupakan dua hal yang meskipun mirip namun berbeda satu sama lain. Saat anda menghemat keuangan untuk membatasi pengeluaran, maka  yang anda lakukan adalah memastikan pengeluaran anda bulan ini  agar tidak melampaui penghasilan serta menyisihkan misalnya 10 persen dari penghasilan anda untuk tabungan , investasi, atau dana cadangan.

Namun saat anda mengelola keuangan untuk bisnis, maka yang anda lakukan adalah lebih dari itu. Dalam hal ini anda berusaha untuk memisahkan antara keuangan untuk biaya operasional keluarga anda seperti membayar tagihan listrik, telepon, biaya pendidikan, membeli kebutuhan pokok dan keperluan unuk hidup sehari-hari, dan lain sebagainya, dan keuangan untuk kepentingan bisnis anda    yang merupakan modal  yang anda akan anda putarkan untuk kepentingan perdagangan, seperti membeli barang dagangan, membayar  biaya operasional , membayar sewa outlet, membayar gaji pegawai dan lain sebagainya.

Oleh  karena itu, bisa dikatakan bahwa mengelola keuangan bisnis memiliki  lika –liku dan tantangan yang jauh lebih besar dibandingkan sekedar  berhemat. Karena bisa jadi, besarnya nominal yang harusnya anda sisihkan untuk kepentingan bisnis anda jauh lebih besar dibandingkan bila anda sekedar berhemat.

Pengelolaan keuangan yang buruk merupakan salah satu alasan utama  kenapa  banyak orang yang gagal dalam menjalankan bisnisnya.  Kesalahan dalam mengelola  keuangan  akan menimbulkan konflik kepentingan antara dana yang akan anda gunakan untuk kepentingan keluarga anda sehari hari dan dana yang mestinya hanya bisa anda gunakan untuk kepentingan usaha.

Namun kegagalan yang diakibatkan oleh pengelolaan keuangan yang buruk pada dasarnya bisa anda hindari, bila anda secara bijaksana dan disiplin mampu mengatur dan memisahkan anggaran pemasukan yang bisa anda manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari dan anggaran pemasukan yang hanya boleh dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis.

Kesalahan dalam  Mengelola Keuangan  dalam Bisnis

Dalam mengelola keuangan dalam bisnis,  anda dituntut untuk senantiasa konsisten dan disiplin dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan pemisahan dan pemanfaatan anggaran  yang anda miliki untuk kepentingan bisnis anda.

Oleh karena ada banyak kasus  dimana seseorang pebisnis terpaksa harus menelan pil pahit kegagalan berbisnis,  bukan dikarenakan kinerja perusahaan yang buruk, melainkan kesalahan-kesalahan yang ia lakukan berkaitan dengan pengelolaan anggaran, antara lain :

1.  Tidak memisahkan rekening perusahaan dan rekening pribadi

Rekening perusahaan dan rekening pribadi yang tidak terpisah satu sama lain akan membuat anda sulit untuk mengontrol  dan memilah pengeluaran yang anda lakukan baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan usaha. Masalah akan terjadi disaat anda menyadari bahwa penghasilan yang seharusnya cukup untuk operasional usaha sekaligus untuk membiayai keperluan rumah tangga ternyata mengalami defisit.

2.   Menyalahgunakan pinjaman usaha

Kebahagiaan saat berhasil menhimpun  suntikan dana pinjaman  banyak membuat pebisnis  terjebak pada euforia yang berlebihan yang kemudian membawanya melakukan kesalahan fatal dalam mengelola keuangan, yakni dengan memanfaatkan pinjaman tersebut untuk  keinginan  dan kepentingan pribadi, seperti membeli barang mewah, gadget canggih, liburan, dengan alasan bahwa dirinya mampu membayar pengeluaran tersebut saat nantinya memperoleh keuntungan yang besar.

Membiarkan dirinya melakukan kesenangan sesaat nanti pada akhirnya akan membuatnya dirinya lupa diri dan tidak mampu memanfaatkan pinjaman tersebut dengan benar dan harus gigit jari disaat pinjaman tersebut  pada akhirnya menjadi beban kewajiban yang tidak mampu ia bayar.

3.  Menunda kewajiban untuk sesuatu kepentingan yang tidak begitu mendesak

Menunda-nunda membayar anggaran pengeluaran yang wajib seperti  biaya untuk sewa gedung danl istrik, membayar cicilan hutang, dan membayar gaji pegawai untuk melayani kepentingan-kepentingan yang tidak begitu mendesak akan menyebabkan anda mengalami masalah pelik yang  akan menghambat dan bahkan menghentikan laju usaha anda.

Oleh karena itu, dahulukanlah pengeluaran yang menjadi prioritas dan kewajiban baik untuk bisnis ataupun kebutuhan hidup sehari-hari. Dan tahanlah diri anda dari pemanfaatan anggaran untuk hal-hal yang sebenarnya bisa anda tunda atau sama sekali bukan merupakan kebutuhan yang harus anda beli.

4.  Tidak berinvestasi disaat untung besar

Besarnya keuntungan yang didapatkan oleh seorang pebisnis seringkali tidak disertai oleh kesadaran untuk berinvestasi untuk kepentingan dan kemajuan perusahaan di masa depan. Ini merupakan kesalahan yang efeknya akan dirasakan di  masa yang akan datang.

Apabila anda perhatikan, banyak sekali usaha-usaha yang di masa lalu bisa meraup keuntungan besar kini harus mengalami penyusutan keuntungan atau bahkan defisit dikarenakan tidak berhasil mengikuti perkembangan zaman dan kalah dalam persaingan.

5.  Berinvestasi pada hal-hal yang tidak menghasilkan

Investasi untuk aset-aset tanpa disertai dengan perhitungan cash flow akan menyebabkan anda lebih banyak berinvestasi untuk hal-hal yang sifatnya kurang penting seperti furniture mewah,  gadget, keramik, kendaraan dan hal-hal lain yang nantinya tidak memberikan keuntungan dan bahkan lebih banyak menguras  biaya untuk perawatan dibandingkan menjadi aset yang menghasilkan bagi perusahaan.

Tips-tips  Mengelola Keuangan dalam Bisnis

Dalam berbisnis, anda harus benar-benar melatih dan mengasah keterampilan anda dalam mengelola keuangan, karena hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting bagi kesuksesan dan keberhasilan bisnis anda di masa yang akan datang.

Berikut tips-tips jitu yang bisa menjadi masukan berharga bagi anda  dalam mengelola keuangan dalam bisnis:

1.  Tentukan anggaran keuangan bisnis

Saat anda memperoleh pemasukan,anda harus terlebih dahulu menyisihkan dana  yang anda butuhkan, baik untuk modal  ataupun untuk biaya operasional usaha anda.  Hal ini dilakukan untuk membantu anda mengontrol anggaran anda sehingga tidak terjadi saling serobot antara anggaran yang harus anda pakai untuk bisnis ataupun untuk keperluan pribadi.

2. Pisahkan rekening pribadi dan usaha

Anda akan mengalami kesulitan untuk memonitor pengeluaran anda bila anda menyatukan rekening pribadi dengan rekening perusahaan. Dengan melakukan pemisahan rekening, anda akan bisa mengecek apakah arus masuk rekening berasal dan untuk keperluan usaha atau dari hal-hal diluar usaha.

Anda juga bisa mengontrol pengeluaran anda dengan tidak menggunakan rekening perusahaan untuk mengambil dana yang dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga atau kepentingan pribadi, kecuali untuk keperluan yang benar-benar mendesak.

3.  Dahulukan biaya dan anggaran wajib anda saat mengatur keuangan anda

Pastikan anda menganggarkan dan tidak mengganggu gugat biaya-biaya yang sifatnya wajib seperti cicilan kredit, dana usaha, biaya operasional, sewa listrik ,gedung, atau biaya-biaya lainnya yang menentukan  berjalannya  bisnis atau usaha anda.
Bijaksanalah dalam pengeluaran anda dengan menahan diri anda untuk membeli hal-hal yang kurang begitu mendesak. Sayang sekali bila usaha anda mandeg hanya dikarenakan anda kehabisan dana atau modal untuk hal-hal yang tidak penting.

4.  Ketatkan  ikat pinggang saat krisis

Apabila usaha anda tidak berjalan sebagaimana mestinya,  baik karena  kurangnya order bisnis atau lesunya penjualan  maka   evaluasi kondisi keuangan anda dengan sebaik-baiknya, agar anda bisa melakukan efisiensi anggaran dan menentukan prioritas dalam melakukan pengeluaran.

Lakukanlah penghematan dan perbaikilah gaya hidup anda agar anda  benar-benar  disiplin dalam menjalankan komitmen untuk mengelola keuangan anda dengan bijaksana baik untuk kepentingan usaha atau untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

5.  Investasi saat memperoleh untung besar

Apabila anda memperoleh keuntungan yang besar, maka lakukanlah investasi untuk kepentingan jangka panjang.  Janganlah menghabiskan keuntungan tersebut untuk euphoria yang berlebihan karena anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Pastikan investasi tersebut berkaitan dengan aset-aset yang nantinya akan meningkatkan penghasilan perusahaan anda seperti  dengan melakukan upgrade teknologi seperti membeli software-software yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan, melakukan pelatihan untuk peningkatan sumber daya manusia, melakukan perbaikan aset perusahaan, dan lain sebagainya.

Bagaimanapun juga kunci utama dalam mengelola keuangan untuk kepentingan bisnis anda adalah dengan secara konsisten mengevaluasi dan mengontrol anggaran keuangan baik pada saat perusahaan sedang mengalami keuntungan yang besar atau pada saat sedang mengalami krisis.

Pada akhirnya, anda pun akan mengetahui dan merasakan bahwa  sikap positif anda dalam mengelola anggaran akan mendarah daging dan menjadi kebiasaan yang nantinya akan menentukan kesuksesan dan keberhasilan bisnis anda di masa yang akan datang. generic baclofen identification buy generic baclofen baclofen autism spectrum disorder generic form of baclofen buy top quality medications. 5mg prednisone online no prescription . instant shipping, online pharmacy advair diskus lowest price advair diskus cheap fluticasone buy prednisone for pets. baclofen online propecia drug propecia without prescription dec 6, 2014 – buy cod estrace cream online wire transfer fedex mexico order estrace online ach no prescription montana where to buy estrace -cream visa no  australia average cost of

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *